Breaking News
_
Home / Warta / Politik / Wiranto Sebut Penyebar Hoaks Bisa Dijerat dengan UU Terorisme
Menko Polhukam, Wiranto (foto: Okezone)

Wiranto Sebut Penyebar Hoaks Bisa Dijerat dengan UU Terorisme

agregasi

 

JAKARTA – Menko Polhukam Wiranto kesal dengan maraknya penyebaran informasi bohong atau hoaks. Pemerintah menilai pelaku penyebar hoaks bisa dijerat dengan Undang-Undang Terorisme jika perbuatannya menimbulkan ketakutan di masyarakat.

“Terorisme itu kan menimbulkan ketakutan di masyarakat. Kalau masyarakat diancam dengan hoaks untuk tidak ke TPS, itu sudah terorisme,” ujar Wiranto usai memimpin rapat koordinasi persiapan keamanan kampanye terbuka Pemilu 2019 di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Rabu (20/3/2019).

“Oleh karena itu kita gunakan Undang-Undang Terorisme,” sambungnya.

Wiranto menilai, hoaks sengaja disemburkan menjelang Pemilu 2019 untuk meneror psikologi masyarakat. Tujuannya menganggu kenyamanan Pemilu.

“Berita-berita palsu, buatan, berita bohong yang dilansir ke publik saya kira ini teror. Meneror psikologi masyarakat. Oleh karena itu ya kita hadapi sebagai teror,” ujarnya.

Ia pun meminta aparat penegak hukum segera mengatasi teror yang melalui berita hoaks tersebut. “Segera kita atasi dengan cara-cara tegas, tapi bertumpu kepada hukum,” ucapnya.

Menurut dia, berita hoaks tersebut telah membangun opini seakan Pemilu 2019 akan berlangsung tidak aman dan berpotensi terjadinya kecurangan.

Ia menerangkan, hoaks tersebut berpotensi memunculkan kerusuhan-kerusuhan dan meningkatnya eskalasi politik dan keamanan saat berlangsungnya Pemilu serentak pada 17 April 2019.

“Tujuannya apa, agar masyarakat ketakutan untuk memilih, masyarakat ngabur ke luar negeri sebelum Pemilu. Saya katakan jangan, ini isu tidak ada dasar,” kata mantan Panglima ABRI itu.

Check Also

Puan: Posisi Ketua DPR Diputuskan Ketum PDIP

  JAKARTA – Ketua DPP PDI Perjuangan (non-aktif), Puan Maharani mengatakan, posisi ketua DPR periode ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: