Breaking News
Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Wiranto Nilai Badan Siber dan Sandi Negara untuk Jaga Keutuhan NKRI
Menko Polhukam Wiranto (Okezone)
Menko Polhukam Wiranto (Okezone)

Wiranto Nilai Badan Siber dan Sandi Negara untuk Jaga Keutuhan NKRI

agregasi
agregasi

 

JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto menegaskan, pembentukan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) merupakan kebutuhan negara ‎yang harus segera dipenuhi.

Langkah mengamankan kegiatan di dunia maya tersebut merupakan sebuah keharusan dan keniscayaan untuk ‎menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Kita sudah menunggu ini, kita bersyukur hari ini ada pelantikan Kepala BSSN. Dengan dilantiknya beliau segera akan disusun format organisasinya bagimana strukturnya,” kata Wiranto di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (3/1/2017).

Wiranto menjelaskan, BSSN merupakan lembaga yang direvitalisasi dari Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg)‎ yang berada di bawah Kemenko Polhukam. Namun, saat ini BSSN diubah menjadi lembaga setingkat kementerian yang langsung di bawah perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“‎Sebenarnya siber nasional sebelumnya sudah ditangani di Kemenko Polhukam namanya desk siber. Dia sudah ikut berbagai pertemuan multilateral, bilateral masalah siber dan ada punya agenda tertentu yang nanti akan kita serahkan ke BSSN ini, jadi tidak jadi masalah,” terangnya.

Mantan Panglima ABRI itu bahagia setelah Kepala Negara melantik Kepala BSSN Mayjen Djoko Setiadi lantaran akan segera memantau aktivitas di dunia maya termaksud perkembangan lingkungan global, regional, hingga nasional. “Karena ini sudah penting sekali,” ucapnya.

Ia menuturkan, Kemenko Polhukam akan memfasilitasi seluruh kegiatan BSSN untuk sementara lantaran Polri, TNI, BIN, BNPT dan BNN masih berkoordinasi terkait aktivitas siber ‎di kementeriannya. “Saya kira dengan adanya badan yang sudah dibentuk ini sudah ada satu wadah, jadi ada rumahnya, ada alamatnya untuk bagaimana kita mengembangkan siber nasional, ada penangungjawab di situ,” tandasnya.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.