Home / Warta / Politik / Wiranto hingga Akbar Tandjung Ramaikan Bursa Cawapres 2019
Ilustrasi (Foto: Okezone)

Wiranto hingga Akbar Tandjung Ramaikan Bursa Cawapres 2019

agregasi
agregasi

 

JAKARTA – Beberapa nama politikus senior ikut meramaikan bursa calon wakil presiden (Cawapres) yang kian sengit jelang Pilpres 2019.

Bahkan, dalam survei yang dirilis Independent Data Survey (IDS), nama Akbar Tandjung mampu mengalahkan Ketua umum PKB Muhaimin Iskandar, yang kini mengkampanyekan diri sebagai Cawapres.

Dedi Mulyadi-Akbar Tanjung Dialog Mengawal Pemimpin Golkar yang Baru

Peneliti IDS, Edhy Aruman menjelaskan, nama Akbar Tandjung, Surya Paloh, Jusuf Kalla, Prabowo dan Wiranto seakan memposisikan diri sebagai tokoh senior yang ikut mendampingi tokoh baru di bursa Cawapres, seperti Gatot Nurmantyo, Anies Baswedan, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dan juga Mahfud MD.

“Tujuan survei untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap calon pasangan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia dalam pemilu 2019 nanti, kemungkinan peta persaingan antar pasangan calon yang diproyeksikan akan diusung oleh partai politik di tahun 2018 ini, dan peluang tokoh muda dan non-partai dalam peta persaingan tersebut,” kata Edhy, Senin (23/4/2018).Edhy menerangkan, dari preferensi nama kandidat wakil presiden secara terbuka (top of mind) dan tertutup, IDS mendapatkan nama Gatot Nurmantyo, Anis Baswedan, Mahfud MD dapat disebut sebagai tokoh non-partai politik yang konsisten mendapatkan preferensi responden survei sebagai kandidat pasangan wakil presiden siapapun Presiden yang akan menjadi kandidat di 2018 ini.

Sementara tokoh Partai Politik secara konsisten disebut memiliki preferensi oleh responden survei adalah Agus Harimurti Yudhoyono, Wiranto, Akbar Tandjung, Muhaimin Iskandar, dan Surya Paloh.

Di dalam tokoh partai terdapat variasi senioritas yang diwakili nama Wiranto (Partai Hanura), Akbar Tandjung (Partai Golkar), Surya Paloh (Partai Nasdem). Sementara tokoh muda misalnya AHY (Partai Demokrat), dan Muhaimin Iskandar (PKB).

Wiranto: Hanura Sudah Maksimal

Edhy memaparkan, dengan pertanyaan terbuka (top of mind) Gatot Numantyo (19.8 %) merupakan kandidat paling unggul, diikuti oleh Anies R Baswedan (10,4%), Agus Harimurti Yudhoyono (9,4%), Jusuf Kalla (5,4%), Prabowo Subianto (4,8%) sebagai nama yang muncul di responden sebagai kandidat wakil presiden, yang dapat dipasangkan dengan siapapun kandidat presiden di 2018 ini.

Berturut turut, setelah 5 nama tersebut diikuti oleh Mahfud MD (4.6%), Wiranto (3,7%), Surya Paloh (2,7%), Akbar Tandjung (2,5%), Ridwan Kamil (2,3%), dan Muhaimin Iskandar (2,1%).

Sementara mengenai calon presiden (Capres), Edhy menjelaskan, hasil survei masih menempatkan Jokowi sebagai yang terkuat dengan persentase 49.8%. Diikuti Prabowo Subianto (29.0%), Gatot Nurmantyo (4%), dan Tuan Guru Bajang (2.9), Agus Harimurti Yudhoyono ( 1.3%).

Perlu diketahui, survei dilakukan di 6 kota besar di Indonesia, seperti Medan, DKI Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Makassar. Jumlah sampel sebanyak 520 dengan margin kesalahan 4.3 persen.

Ketika Presiden Jokowi Salami Tamu Undangan Acara Isra Mikraj di Istana Bogor

Metode survei menggunakan metode Stratified Multistage Random Sampling, dengan unit terkecil adalah kelurahan. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara tatap muka menggunakan kuesioner terstruktur yang telah disusun sebelumnya sesuai tujuan survei, dilakukan pada 9 sampai 15 April 2018.

Survei memfokuskan kepada elektabilitas kandidat presiden, kandidat wakil presiden baik untuk nama nama yang sudah muncul di dalam survey survey nasional selama tahun 2018.Menurut Edhy, survei juga memunculkan nama kandidat calon presiden atau calon wakil presiden yang tidak pernah dipublikasikan oleh lembaga survei politik di 2018, namun memiliki ketokohan baik karena berafiliasi dengan partai politik, tokoh nasional non parpol, tokoh yang mendapatkan exposure publik.

Check Also

Survei LSI: Jokowi-Ma’ruf Unggul di Segmen Pemilih Muslim, Milenial hingga Emak-Emak

  JAKARTA, Waspada.co.id – Pasangan bakal calon presiden Joko Widodo (Jokowi)- calon wakil presiden KH. Ma’ruf ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: