Home / Warta / Politik / Wiranto Akan Panggil Bawaslu Bahas Eks Koruptor Lolos Nyaleg
Menko Polhukam, Wiranto (foto: Okezone)

Wiranto Akan Panggil Bawaslu Bahas Eks Koruptor Lolos Nyaleg

agregasi
agregasi

 

BOGOR -‎ Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (‎Menko Polhukam) Wiranto akan memanggil pimpinan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) lantaran ada mantan napi korupsi lolos sebagai calon anggota legislatif (caleg) di Pemilu 2019.

Ia ingin mengetahui apa yang menjadi alasan Bawaslu kembali memperbolehkan mantan koruptor maju sebagai caleg. Sebab, pelarangan ini telah diatur dalam Pasal 7 PKPU Nomor 20 Tahun 2018 memuat syarat-syarat calon sama seperti di Undang-Undang Pemilu.

“Dilihat dulu, nanti dengan lembaga terkait, saya panggil atau undang untuk kita rapatkan bersama, secepatnya kita undang,” kata Wiranto di Kompleks Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (31/8/2018).

Menurut Wiranto, adanya perbedaan pandangan antarlembaga terkait pelarang mantan koruptor mencalonkan diri sebagai anggota legislatif akan membuat masyarakat menjadi bingung.

Sebab itu, mantan Panglima ABRI itu menilai persoalan ini perlu dibahas agar pelaksanaan demokrasi ini dapat menjadi satu suara.

“Kalau ada perubahan apa sih alasannya, tentu semangat anti korupsi sudah menjadi bagian pemerintahan Pak Jokowi sejak dulu, oleh karena itu napas ini jaga, bagaimana nanti satu koordinasi sehingga satu suara,” papar Wiranto.

Ia meminta agar setiap lembaga negara tetap dapat menjaga situasi keamanan dan kesejukan di masyarakat menjelang pesta akbar demokrasi lima tahunan di Tanah Air tersebut.

“Jangan macam-macam ah, negara ini aman-aman, damai, sudah bagus kan? Kemarin Pilkada serentak sudah aman,” ucap Wiranto.

Check Also

Butir Ikrar Deklarasi Kampanye Damai Jokowi dan Prabowo

JAKARTA, Waspada.co.id – Pasangan Capres-Cawapres Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno berikrar menjalankan kampanye ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: