_
Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / Warga Tolak Penghapusan Subsidi Listrik
Ilustrasi/foto: ist

Warga Tolak Penghapusan Subsidi Listrik

MEDAN, WOL– Rencana pemerintah c/q PT PLN (Persero)  yang akan menghapuskan subsidi listrik dengan melakukan migrasi daya 450 VA  ke 900 VA dan 1.300 VA menuai protes warga Sumatera Utara.

Kebijakan penghapusan subsidi listrik akan semakin menyulitkan ekonomi masyarakat bawah di tengah sulitnya beban ekonomi saat ini.

Susanti, warga Jalan Jermal V Medan Sumatera Utara yang sehari-hari bekerja sebagai buruh pabrik ini mengakui, kebijakan pemerintah akan menambah beban dan banyak masyarakat yang mengeluh dengan kebijakan tersebut.

“Saya sangat tidak setuju dengan kebijakan pemerintah yang akan mencanangkan penghapuskan subsidi listrik, karena pastinya akan menambah beban masyarakat terutama akan terasa oleh masyarakat seperti saya yang hanya buruh pabrik yang penghasilan juga pas-pasan dan untuk membayar listrik yang terkadang setiap bulan semakin naik aja sulit apalagi ditambah dengan kebijakan pemerintah ini” ungkapnya kepada Waspada Online, Senin (2/11).

Pemerintah seharusnya bisa bijak dalam mengambil keputusan, krisis listrik yang masih terjadi di sejumlah daerah seharusnya menjadi perhatian penting untuk bisa di realisasikan dan di selesaikan lebih dulu.

“Ya, saya kira kebijakan yang akan diterapkan pemerintah Januari mendatang sangat tidak tepat, itu tadi karena akan malah menambah beban masyarakat, yang seharusnya dipikirkan adalah stabilisasi perekonomian di Indonesia yang saat ini belum stabil dan masih krisis,” pungkasnya.

Hal serupa juga diungkapkan Ridin warga Tembung. Menurutnya, kebijakan penghapusan subsidi listrik dan kemudian melakukan migrasi daya dari 450 VA ke 900 VA selanjutnya 900 VA ke 1.300 VA akan menyulitkan warga kalangan bawah.

PLN seharusnya harus membedakan warga miskin dan masyarakat mampu dan sebagai perusahaan listrik pelat merah harus mampu melindungi kalangan bawah yang ekonominya pas-pasan.

PT PLN (Persero) akan memindahkan pelanggan listrik berdaya 900VA ke 1.300VA hingga akhir 2015 agar subsidi listrik tepat sasaran.

“Pelanggan 900VA akan dinaikkan semua ke 1.300VA, pelanggan 900VA itu ada 22 juta. Kalau ada yang komplain kami akan datangi rumahnya,” ujar Direktur Utama PLN Sofyan Basir di Jakarta, Senin (26/10) mengutip Antara.

Sementara pelanggan listrik dengan daya 450VA, menurut dia, akan dipindahkan ke 900VA setelah pemindahan pelanggan dari 900VA ke 1.300VA selesai.

适适

Ia mengatakan banyak warga yang tidak masuk kategori miskin menurut ketentuan pemerintah yang mengambil manfaat subsidi listrik dengan memasang daya 900VA dan 450VA karena itu PLN memindahkannya.(WOL/EKO/data2)

Check Also

Monev LLDikti Bukan Cari Kelemahan, Tapi Rekomendasi Perbaikan

MEDAN, Waspada.co.id – Tim monitoring dan evaluasi (Monev) LLDikti kunjungan ke Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.