Newsticker
WOL / Warta / Mancanegara / Wapres Filipina Mundur dari Kabinet Duterte
Wakil Presiden Filipina Leni Robredo. (Foto: AP)
Wakil Presiden Filipina Leni Robredo. (Foto: AP)

Wapres Filipina Mundur dari Kabinet Duterte

agregasi
agregasi

 

MANILA – Wakil Presiden Filipina, Leni Robredo, mundur dari jabatannya di kabinet Presiden Rodrigo Duterte. Robredo menyebut, “perbedaan besar dalam prinsip dan nilai” menjadi alasan pengunduran dirinya.

Pernyataan tersebut disampaikan Robredo dalam surat pengunduran dirinya, Senin 5 Desember. Pengacara hak asasi manusia (HAM) itu tidak lagi menjadi menteri perumahan, namun akan tetap memegang jabatan sebagai wakil presiden.

Di Filipina, presiden dan wakil presiden dipilih secara terpisah. Sering kali dua pos pemerintahan ini diisi orang dengan latar belakang berbeda, seperti Duterte dan Robredo.

“Saya tidak akan membiarkan kursi wakil presiden ini dicuri. Saya tidak akan membiarkan keinginan rakyat dirintangi. Saya akan terus mengabdi kepada keluarga Filipina dan memenuhi mimpi mereka akan kehidupan yang lebih baik,” ujar Robredo dalam pernyataan sebelum pengunduran dirinya.

Keputusan pengunduran diri Robredo muncul di tengah badai politik yang menerpa Duterte akibat keputusannya mengizinkan Mantan Diktator Filipina Ferdinand Marcos di taman makam pahlawan. Kampanye pemberantasan narkoba ala Duterte turut menjadi faktor lainnya. Demikian dinukil dari The Guardian, Senin (5/12/2016).

Robredo adalah pejabat penting kedua yang mengundurkan diri dari kabinet Duterte dalam waktu kurang dari seminggu. Sebelumnya, Maria Serena Diokno mundur dari jabatan kepala Komisi Sejarah Nasional Filipina, juga karena keputusan Duterte tentang pemakaman Marcos.

Di antara kebijakan Duterte yang berseberangan dengan pandangan Robredo adalah keputusan pemakaman Marcos, pembunuhan terkait narkoba, rencana Duterte menerapkan kembali hukuman mati dan beragam serangan seksual terhadap wanita. Penyebab terakhir, ujar Robredo, adalah ketika ia diberitahu oleh Sekretaris Kabinet Leoncio Evasco Jr melalui pesan singkat pada Sabtu 3 Desember bahwa Duterte menginstruksikan Robredo untuk berhenti menghadiri semua rapat kabinet mulai Senin ini. Tak hanya itu, Robredo mengungkapkan, anggaran terkait perumahan telah dipotong, serta kebijakan-kebijakannya pun tidak dijalankan.

Baca Juga

foto : ist

Ini Manfaat Adanya Klub Mantan Presiden

BOGOR, WOL – Wakil Presiden, Jusuf Kalla, berharap dengan dibentuknya klub mantan presiden dapat memberikan ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.