Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Wali Kota: Bogor Ibu Kota de Facto RI
foto: antara

Wali Kota: Bogor Ibu Kota de Facto RI

BOGOR, Waspada.co.id – Wali Kota Bogor, Bima Arya, mengaku bangga memimpin kota itu dan bersaing dengan reputasi DKI Jakarta sebagai ibu kota Republik Indonesia. Bukan hanya karena letak Bogor berdekatan dengan Jakarta secara geografis, tetapi peran sentralnya yang tak kalah dengan Jakarta.

Bima bahkan menyebut Kota Bogor sebagai ibu kota yang tak resmi atau de facto Indonesia, ketika berbicara dalam forum dialog nasional bertajuk Indonesia Maju di Puri Begawan Hall, Bogor, Sabtu (25/8) kemarin.

“Kenapa Kota Bogor saya sebut sebagai ibu kota de facto? Resminya memang Jakarta. Tetapi faktanya, presiden kita tinggal dan menetap di Kota Bogor (Istana Bogor),” katanya.

Presiden Joko Widodo, katanya, bahkan tak hanya menjadikan Istana Bogor sebagai tempat kediamannya bersama keluarganya tetapi sekalian untuk menjalankan tugas-tugas pemerintahan dan lainnya.

“Menerima tamu negara di Kota Bogor, memanggil menteri ke Kota Bogor, blusukannya di Kota Bogor,” kata Bima mengaku selalu membangga-banggakan peran strategis Kota Bogor kepada publik luas.

Bima juga berterus terang memiliki kedekatan emosional khusus dengan Jokowi. Sebab presiden adalah orang yang memberikan saran tentang strategi mengelola anggaran ketika pertama kali menjadi kepala daerah. Mula-mula, Bima menceritakan moment menemui Jokowi yang saat itu masih menjabat Wali Kota Solo.

Dia ingin meminta saran kepada Jokowi setelah memutuskan untuk mencalonkan Wali Kota Bogor. Dalam perbincangan itu, satu hal yang paling diingat adalah nasihat Jokowi agar jeli melihat rincian Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang ditetapkan DPRD dan kepala daerah sebelumnya. (wol/aa/vvn/dv)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

RI-Vietnam Sepakat Kerjasama Perdagangan dan Maritim

HANOI, Waspada.co.id – Presiden Joko Widodo mengatakan Indonesia dan Vietnam telah sepakat meningkatkan kerjasama kerja ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: