Home / Warta / Mancanegara / Wakil PM Italia Salahkan Uni Eropa atas Insiden Jembatan Ambruk
jembatan tol roboh di Genoa, Italia masih berjalan. (Italian Firefighters Press Office/Handout via REUTERS)

Wakil PM Italia Salahkan Uni Eropa atas Insiden Jembatan Ambruk

GENOA, Waspada.co.id – Wakil Perdana Menteri Italia, Matteo Salvini, menuding Uni Eropa (UE) bertanggung jawab atas jembatan ambruk yang terjadi di Genoa. Kepada awak media di Catania seperti dilansir Bloomberg Rabu (15/8), Salvini menyebut pembatasan anggaran yang dilakukan UE bisa berisiko membahayakan.

Defisit Italia pada 2018 ini telah menyentuh 1,6 persen GDP, sementara Zona Eropa menetapkan ambang batas 3 persen.

Meski begitu, Komisi Eropa bersikeras agar pengeluaran Italia dibatasi karena utang mereka yang sudah mencapai 2,3 triliun euro, terbesar di Benua Biru. “Jika pihak luar membatasi pengeluaran untuk membangun jalan yang aman, maka perlu dipertanyakan perlukah kita mengikutinya,” kata Salvini.

Wakil PM yang juga Menteri Dalam Negeri itu menyatakan, sangat tidak masuk akal jika mereka harus mengikuti aturan namun mengorbankan keselamatan warga Italia. Insiden di Ponte Morandi terjadi ketika pemerintahan Perdana Menteri Giuseppe Conte mempersiapkan anggaran untuk 2019.

Salvini dan Wakil PM lainnya, Luigi Di Maio, mendesak UE agar bersedia menangguhkan batasan anggaran agar mereka bisa fokus pada pengeluaran krusial. Setali tiga uang dengan Salvini, Menteri Transportasi Danilo Toninelli meminta agar pengeluaran di perawatan sarana publik tak dibatasi.

Baca: 10 Korban Tewas Jembatan Jalan Tol Roboh Karna Hujan Badai

Sementara Claudio Borghi, Kepala Komite Anggaran Majelis Rendah Parlemen, meminta agar keselamatan rakyat Italia dinomorsatukan. Pendiri lembaga konsultasi Policy Sonar, Francesco Galietti, menyebut Brussels bakal melunak setelah Ponte Morandi ambruk.

“Kurangnya perawatan jelas menjadi isu utama. Saya yakin hal itu sudah cukup menekan UE menerima lebih banyak investasi publik,” terangnya. Sebelumnya, salah satu seksi jembatan sepanjang 1.100 meter itu ambruk setelah hujan lebat yang mengguyur Selasa siang (14/8) waktu setempat. (wol/kcm/data2)

Check Also

Hujan & Badai Landa China, 127 Ribu Orang Dievakuasi

GUANGDONG, Waspada.co.id – Kantor berita pemerintah China mengatakan hujan deras di bagian selatan China menewaskan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: