Home / Warta / Mancanegara / Wakil Pemimpin Taliban Meninggal Dunia
Ilustrasi Taliban (REUTERS)

Wakil Pemimpin Taliban Meninggal Dunia

Waspada.co.id – Taliban mengatakan wakil pemimpin kelompoknya sekaligus pemimpin Jaringan Haqqani, Jalaluddin Haqqani, meninggal dunia hari ini, Selasa (4/9).

Kelompok Taliban di Afganistan mengatakan Jalaluddin meninggal setelah lama berjuang melawan penyakit yang dideritanya. Jalaludin meninggal di usia yang diperkirakan menginjak 80an tahun.

“Jalaluddin merupakan salah satu tokoh jihad terkemuka di era ini,” kata Taliban melalui pernyataan dalam versi bahasa Inggris yang diunggah di akun Twitternya.

Hingga kini, belum jelas kapan dan di mana Jalaluddin meninggal, termasuk penyakit yang dideritanya selama ini. Pada 2008 dan 2015, Jalaluddin juga sempat dikabarkan meninggal.

Sebelum meninggal, Jalaluddin dikabarkan tinggal di Pakistan dalam beberapa tahun terakhir.

Semasa muda, Jalaluddin merupakan komandan pasukan perang mujahidin Afghanistan saat melawan okupasi Uni Soviet pada 1980. Dalam perang itu, perlawanan Jalaluddin turut dibantu pasukan Amerika Serikat dan Pakistan.

Nama Jalaluddin semakin dikenal lantaran keberanian dan organisasinya hingga menarik perhatian Badan Pusat Intelijen AS (CIA) dan anggota Kongres AS Charlie Wilson.

Jalaluddin seorang yang fasih berbahasa Arab. Dia juga dikenal menjalin hubungan dekat dengan para petinggi organisasi militan di Arab termasuk Osama Bin Ladden.

Jalaluddin juga pernah menjabat sebagai menteri di kabinet pemerintah saat Taliban masih berkuasa di Afghanistan.

Dikutip AFP, selain aktif sebagai petinggi Taliban, Jalaluddin juga merupakan pemimpin Jaringan Haqqani, salah satu kelompok militan afiliasi Taliban yang paling ditakuti.

Propaganda Jaringan Haqqani terbukti menjadi salah satu yang paling luas dan besar di antara kelompok-kelompok afiliasi Taliban lainnya.

Jaringan Haqqani mengklaim serangan-serangan besar di seluruh penjuru Afghanistan sejak AS menginvasi negara di Asia Selatan itu. Sejak itu, Gedung Putih memasukan jaringan Haqqani dalam daftar hitam kelompok teroris.

Analis meyakini jaringan Haqqani juga bekerja sama dengan kelompok teroris ISIS. Kelompok pimpinan Jalaluddin itu juga disebut bertanggung jawab atas sebagian serangan yang terjadi di Ibu Kota Kabul dalam beberapa waktu terakhir.

Jaringan Haqqani kerap dituduh melakukan pembunuhan sejumlah pejabat tinggi Afghanistan dan penculikan warga asing untuk meminta tebusan. (wol/cnn)

Check Also

AS Kembali Klaim Bunuh Pimpinan ISIS

NANGARHAR, Waspada.co.id – Amerika Serikat lagi-lagi mengklaim telah membunuh pimpinan ISIS Abu Sayed Orakzai di ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: