Home / Warta / Politik / Wajar AHY Jadi Opsi Cawapres Prabowo
foto: kumparan

Wajar AHY Jadi Opsi Cawapres Prabowo

JAKARTA, Waspada.co.id – Direktur Eksekutif Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Djajadi Hanan, menilai Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjadi favorit sebagai calon Wakil Presiden bagi Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, di Pemilu 2019.

Selain elektabilitasnya yang cukup baik di sejumlah survei, AHY juga punya kendaraan politik yang cukup kuat lewat Partai Demokrat. Terlebih, partai yang dipimpin oleh Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu juga lebih superior ketimbang partai pendukung Prabowo lainnya, baik dalam hal suara maupun kekuatan logistik.

“Kan wajar dong calon partai kedua terbesar yang dipilih, kecuali calon dari non-partai itu berbeda,” kata Djajadi di Jakarta, Kamis (26/7) kemarin.

Pada Pemilu 2014, Demokrat mendapat 12.728.913 suara atau 10,19 persen dari total suara nasional atau partai peringkat keempat. Jika partai besutan SBY masuk ke dalam koalisi pendukung Prabowo, Demokrat akan jadi partai terbesar kedua di kubu itu setelah Gerindra yang menempati peringkat ketiga di Pileg 2014.

Djajadi pun mengingatkan bahwa Demokrat juga pernah berkuasa dua periode bersama SBY. Pengalaman dan kekuatan mesin Demokrat disebut bakal jadi kebutuhan Prabowo menghadapi petahana.

“Dugaan saya, sebagai partai dan (Ketua Umum yang merupakan) Presiden dua periode lalu, Demokrat punya kekuatan logistik lebih kuat dibanding PKS,” imbuhnya.

Kendati demikian, Djajadi masih melihat ada kans bagi kandidat cawapres lain seperti Ahmad Heryawan, Gatot Nurmantyo atau Anies Baswedan. SBY sendiri menyatakan pihaknya tak pernah memaksakan kadernya ke kubu manapun sebagai cawapres. SBY menegaskan hanya capres yang bebas menentukan pendampingnya.

“Silakan kalau kita cocok ini berjodoh dan ditakdirkan Allah untuk berkoalisi Pak Prabowo lah sebagai capres yang menyampaikan pada kami-kami siapa cawapres yang dipilih, ayo ada komunikasinya,” ucap SBY.

Berdasarkan survei Indo Barometer yang dirilis pada Mei lalu, AHY punya elektabilitas 3,3 persen atau masih di bawah Jokowi (48,7 persen), Prabowo (20,5 persen), dan Gatot Nurmantyo (4,8 persen). Namun, AHY memiliki elektabilitas lebih baik dari Wapres Jusuf Kalla (1,4 persen).

Survei Charta Politika yang dirilis pada Juni lalu menyebut AHY adalah salah satu favorit mendampingi Jokowi sebagai cawapres. Dalam survei tersebut, AHY mendapatkan 7,6 persen atau di bawah Gatot (8,6 persen) dan Jusuf Kalla (10,3 persen). (wol/aa/cnn/data1)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Viral Burung Merpati Ma’ruf Amin Nyungsep Gak Mau Terbang

JAKARTA, Waspada.co.id – KPU RI telah menyelenggarakan deklarasi kampanye damai di Monas, Jakarta pada Minggu ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: