_
Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Wacana Penyidik KPK Jadi ASN, Ini Kata Mahfud MD
Mantan Ketua MK Mahfud MD saat Bincang dengan Media di Yogyakarta (Foto: iNews/Kuntadi)

Wacana Penyidik KPK Jadi ASN, Ini Kata Mahfud MD

agregasi

 

YOGYAKARTA – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Mahfud MD mengatakan, tidak ada masalah jika pegawai di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) nantinya menjadi apartur sipil Negara (ASN).

“Masuk ke program kelembagaan tidak apa-apa, asal tetap independen. Penyidik dan penyelidik tidak harus jaksa atau polisi. Boleh orang yang independen,” jelas Mahfud dalam bincang dengan media di Yogyakarta, Minggu (15/9/2019).

Dia menjelaskan, perlu pembahasan lebih lanjut mengenai penyidik independen, apakah harus tetap menjadi ASN atau tidak. Pembahasan ini perlu waktu, untuk mencari masukan dari segi kebenarannya dan di sinilah yang diperlukan dalam negara hukum.

Kendati demikian, Mahfud menegaskan kekhawatiran pegawai KPK tak lagi loyal jika sudah diangkat menjadi ASN bukanlah hal besar. Sebab, seharusnya para pegawai KPK harus loyal kepada negara.

“Monoloyalitas kita itu pada negara dan hukum. Jangan dipisahkan KPK sebagai entitas dari institusi kenegaran yang resmi milik negara,” tegas dia.

Mahfud mengaku, sejak awal dirinya sangat mendukung KPK. Bahkan dia ikut melawan para pihak yang ingin menghantam KPK. Setidaknya ada 12 kali Mahfud ikut membela lambaga antirausah di peradilan saat masih menjadi Ketua MK.

“Saya bela terus sampai menang terus. Tapi kita juga harus melihat secara objektif. Ada hal-hal yang mungkin perlu diperbaiki. Jangan sampai putus asa,” urai Mahfud.

Di tengah polemik mengenai KPK yang berkepanjangan, kata Mahfud perlu adanya semangat untuk memperbaiki lembaga pemberantasan korupsi tersebut. Dia menerangkan, jangan sampai dengan wacana revisi justru menjadikan orang lemah dan membiarkan korupsi kembali terjadi.

适适

“Jangan biarkan korupsi menjadi pemimpin,” tutur dia.

Check Also

KPK Cecar Anak Menkumham soal Keterlibatan Perusahaannya dalam Proyek di Medan

JAKARTA, Waspada.co.id – Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengklarifikasi anak Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.