_
Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Wacana Pemindahan Ibukota Masuk RPJMN 2020-2024
Bambang PS Brodjonegoro (Foto: Okezone/Heru)

Wacana Pemindahan Ibukota Masuk RPJMN 2020-2024

JAKARTA, Waspada.co.id – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Bambang Brodjonegoro mengatakan rencana pemindahan ibu kota telah dimasukkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024. Dengan demikian, pembangunan ibu kota baru akan ditetapkan dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP).

“Yang pasti ibu kota baru ini sudah masuk RPJMN 2020-2045, pelaksanaannya kapan akan disesuaikan dengan RKP,” terangnya di Jakarta, Kamis (9/5).

Dia melanjutkan, rencana pemindahan ibu kota dari DKI Jakarta telah direncanakan sejak lama oleh pemerintah. Adapun rencana pemindahan ibu kota ini baru bisa dilakukan dalam lima hingga sepuluh tahun ke depan.

“Nanti ketika sudah jelas kapan pelaksanaannya, akan kita lakukan penyesuaian untuk masuk RKP pada tahun bersangkutan tapi sudah masuk RPJMN 5 tahun kedepan,” ucapnya.

Sebelumnya, DPR menyambut baik rencana ini. Namun pemerintah disarankan agar mengkaji lebih dalam rencana ini sebelum ditetapkan menjadi sebuah kebijakan. Hal ini disampaikan Ketua DPR, Bambang Soesatyo, usai menghadiri rapat paripurna di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (8/5).

“Terkait rencana atau wacana pemerintah untuk memindahkan ibu kota ke luar Jawa, ya tentu kami di DPR menyambut baik gagasan tersebut. Namun, perlu kajian yang lebih dalam,” jelasnya.

Kajian ini, lanjut Bamsoet, harus melibatkan sejumlah pakar dan pihak lainnya. Dengan demikian, perencanaan benar-benar matang dan hasilnya di kemudian hari mendatangkan manfaat bagi masyarakat.

Politikus Partai Golkar ini mengatakan, banyak negara yang berhasil memindahkan ibu kota mereka. Karena itu dia pun optimis Indonesia akan berhasil jika nantinya kebijakan ini diputuskan.

“Berbagai negara juga melakukan hal itu dengan sukses seperti Malaysia. Dan menurut saya hal itu dimungkinkan. Yang terpenting adalah bahwa pemindahan itu memberikan manfaat bagi masyarakat luas dan mengeskalasi daripada perekonomian kita sehingga tidak terpusat,” tutupnya. (merdeka/ags/data2)

Check Also

Jokowi Umumkan Lokasi Ibu Kota Baru Pengganti Jakarta pada Agustus 2019

  JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah memutuskan akan memindahkan Ibu Kota Indonesia ke ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.