Home / Warta / Mancanegara / Utusan AS: Aktivitas China di Dekat Wilayah Filipina ‘Agresif dan Provokatif’

Utusan AS: Aktivitas China di Dekat Wilayah Filipina ‘Agresif dan Provokatif’

WASHINGTON, Waspada.co.id – Seorang pejabat pertahanan senior Amerika menyatakan kehadiran sejumlah besar kapal China di dekat pulau-pulau yang diduduki Filipina merupakan hal yang mengkhawatirkan.

Joseph Felter, deputi asisten Menteri Pertahanan untuk urusan Asia Selatan dan Tenggara, Jumat (5/4) mengatakan, aktivitas China itu “agak agresif dan provokatif.” Ia ditanya mengenai isu itu sewaktu sedang dalam lawatan ke Bangkok.

Pemerintah Filipina memprotes pergerakan tersebut hari Kamis (3/4), setelah militernya memantau lebih dari 200 kapal China pada bulan Januari hingga Maret di kawasan sengketa yang disebut Sandy Cay, di dekat pulau Pag-asa yang diduduki Filipina.

Presiden Filipina, Rodrigo Duterte, meminta kapal-kapal nelayan dan penjaga pantai China segera angkat jangkar dari Pulau Thitu atau Pulau Pag-asa di Laut China Selatan yang menjadi sengketa. Dia menggertak akan mengirim pasukan dengan misi bunuh diri jika peringatan itu tidak dipatuhi.

Felter menyatakan bahwa Amerika tidak mengambil sikap memihak dalam berbagai klaim yang saling bertentangan di Laut China Selatan. Tetapi ia mengatakan Amerika akan bekerja sama dengan sekutu-sekutu dan mitra-mitranya untuk membuat laut itu sebagai kawasan terbuka dan bebas. (voa/data2)

Check Also

Presiden Filipina Minta Semua Kontrak dengan China Ditinjau Lagi

MANILA, Waspada.co.id – Presiden Filipina Rodrigo Duterte meminta kabinetnya meninjau semua kontrak pemerintah, termasuk pinjaman ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: