Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Ustaz Abdul Somad Klarifikasi Video Ceramahnya tentang Bom Bunuh Diri
Ustaz Abdul Somad (Istimewa)

Ustaz Abdul Somad Klarifikasi Video Ceramahnya tentang Bom Bunuh Diri

agregasi
agregasi

 

BOGOR – Video ceramah Ustaz Abdul Somad terkait bom bunuh diri viral di media sosial. Dalam video itu Abdul Somad menyebutkan bahwa bom bunuh diri bagian dari jihad. Agar tak salah dipahami publik, Somad lalu memberikan klarifikasi soal video tersebut. Bom bunuh diri yang dimaksud dalam video berdurasi 9 menit itu, menurut Somad, adalah di Palestina, bukan Indonesia.

“Video saya dua tiga tahun lalu viral lagi tetapi di cut. Saya masih ingat, pertayaan jamaah pakai kertas waktu itu kepada saya apa pendapat ustad tentang bom bunuh diri di Palestina. Lalu saya jawab jangan katakan itu bom bunuh diri, tetapi mati syahid. Karena saudara kita di Palestina itu bukan bunuh diri, tapu mati syahid,” kata Ustad Abdul Somad dalam video yang diunggah di Youtube baru-baru ini seperti dikutip Okezone, Kamis (17/5/2018).

Menurutnya, kondisi Palestina dengan Indonesia jauh berbeda. Palestina sedang menghadapi perang dengan zionis Israel untuk mempertahankan tanah airnya. Sedangkan negara di luar Palestina seperti Indonesia bukan termasuk ke dalam wilayah perang.

“Tidak boleh dipukul rata. Non muslim yang ada di Palestina Yahudi, Israel, zionis lebih spesifiknya itu harbi (wilayah perang). Baca surat Al-Mumtahanah Ayat 8. Kalau yang non muslim itu tidak mengusir kamu dari kampung halaman, tidak memerangi kamu maka kata Allah kamu boleh berbuat baik kepada mereka dan bersifat adil. Kenapa itu tidak berlaku di Palestina? Karena orang Israel sudah melanggar dua itu. Jadi jangan digeneralisir, jangan dipotong makanya saya mau klarifikasi itu,” paparnya.

Dengan demikian, aksi bom bunuh diri yang ada di Indonesia tidak bisa disebut dengan mati syahid. Karena bom bunuh diri tersebut bukan dilakukan ditempat perang melainkan di wilayah damai.

“Seorang Muslim Palestina yang meledakan dirinya ditengah gerobolan Yahudi itu mati syahid. Tetapi seorang Muslim yang membubuh dirinya karena ingin melepaskan dari kemiskinan, dari susah, penyakit, itulah yang mati konyol. Itu yang diluruskan,” tutupnya.

Check Also

Ustadz Abdul Somad Ajak Masyarakat Jernih Memilah Informasi di Tahun Politik

  JAKARTA – Ustadz Abdul Somad berharap masyarakat dapat memilah-milah informasi secara kritis dan jernih, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: