Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Ustadz Somad Batalkan Ceramah di Beberapa Daerah, Kenapa Ya?
Istimewa

Ustadz Somad Batalkan Ceramah di Beberapa Daerah, Kenapa Ya?

JAKARTA, Waspada.co.id – Ustadz kondang, Abdul Somad membatalkan beberapa jadwal tausiyahnya di Grobogan, Kudus, Jepara, dan Semarang. Adanya ancaman dan intimidasi, menjadi alasan Somad membatalkan ceramahnya di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Yogyakarta.

“Mohon maaf atas keadaan ini, harap dimaklumi dan mohon didoakan selalu,” kata Somad lewat akun Instagram resmi miliknya, Senin (3/9).

Kala membatalkan jadwal tausiyahnya itu, Somad mempertimbangkan beban panitia dan kondisi psikologi para jemaahnya. Tiga jadwal ceramah yang dibatalkan adalah rangkaian tausiyah pada September, Oktober, dan Desember 2018.

Ustadz Somad memang kerap ditolak berceramah di wilayah Jawa Tengah. Seperti pada akhir Juli lalu, beredar surat yang mengatasnamakan Markas Komando Jawa Tengah Patriot Garuda Nusantara (PGN) tersebar lewat internet. Surat tersebut ditujukan kepada Kapolda Jawa Tengah.

Isinya mendesak agar kepolisian tidak mengizinkan tabligh akbar yang akan mengundang Ustaz Abdul Somad di Pedurungan, Mijen, Kota Semarang, pada 30-31 Juli 2018. Selain itu, disebutkan di dalamnya dalih bahwa dosen UIN Sultan Syarif Kasim Riau itu merupakan ‘corong’ dari Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). HTI kini berstatus organisasi terlarang sejak berlakunya Perppu Nomor 2 Tahun 2017.

“Apabila Sdr Abdul Somad tetap hadir menjadi pembicara dalam acara tersebut, kami Patriot Garuda Nusantara (PGN) Jateng akan melakukan Aksi Perlawanan,” demikian kutipan dari surat tersebut, yang disertai tanda tangan “Panglima Tertinggi” PGN Dr KH Nuril Arifin Husein MBA dan Ketua PGN Jawa Tengah Mohammad Mustofa Mahendra.

Namun, Polda Jawa Tengah saat itu tetap mengamankan jalannya acara tabligh akbar dengan Ustadz Somad di Unissula. Saat itu, Kapolda Jateng Inspektur Jenderal Polisi Condro Kirono, mengimbau, agar tidak ada pihak yang memaksakan kehendak, menolak kedatangan Ustaz Abdul Somad.

“Surat tanda terima pemberitahuan tentang kegiatan yang di Unissula itu tetap kita keluarkan dan kita berikan pengamanan,” kata Condro. (republika/ags/data1)

Check Also

Ustaz Abdul Somad Akan Tausiyah di Acara HUT ke-73 MPR

  JAKARTA – Ustaz Abdul Somad akan memberikan tausiyah dalam acara syukuran dan doa bersama ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: