_
Home / Warta / Politik / Usai Pemilu, 6 Guru Honorer Berpose Dua Jari Aktif Kembali
Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia atau PGRI Kabupaten Tangerang, Kosrudin. (ist)

Usai Pemilu, 6 Guru Honorer Berpose Dua Jari Aktif Kembali

JAKARTA, Waspada.co.id – Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia atau PGRI Kabupaten Tangerang, Kosrudin menyebutkan, keenam guru honorer SMAN 9 Kabupaten Tangerang, akan kembali diaktifkan sebagai tenaga pendidik di sekolah tersebut usai Pilpes 2019.

Ketentuan ini dikeluarkan, setelah ada pembicaraan antara PGRI dengan instansi lainnya di Provinsi Banten. Dari hasi pertemuan itu, terdapat kesepakatan bahwa keenam guru kembali diaktifkan setelah dipecat.

“Ada pembelajaran, bahwa sesuatu yang dianggap tidak penting menjadi masalah. Kami sampaikan apresiasi kepada Kepala Dinas Pendidikan Banten, dan sudah buat pernyataan, bahwa keenam orang itu akan diaktifkan kembali. Hal ini, tentunya berdampak positif mereka bisa beraktivitas kembali sebagai tenaga pendidik,” kata Kosrudin, Jumat 29 Maret 2019.

Namun, guru tersebut baru bisa mengajar usai pelaksanaan pemungutan suara yang sedianya akan digelar pada 17 April 2019.

“Tidak langsung hari ini ngajar. Tetapi, kesepakatannya usai pemilu baru ngajar, yakni awal Mei 2019. Ini untuk kepentingan bersama juga,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Panwaslu Kecamatan Kronjo, Ulumudin mengatakan, tidak ada unsur kesalahan pada keenam guru honorer tersebut. Ini, lantaran pasal yang disangkakan mengenai tata tertib ASN (Aparatur Sipil Negara), sedangkan mereka bukanlah ASN.

Pemecatan terhadap keenam guru itu, juga dilakukan sebelum adanya kajian yang diberikan oleh Panwaslu.

“Kita gelar klarifikasi terkait dengan pemecatan itu, karena untuk diketahui pemecatan itu dilakukan sebelum kajian kita selesai. Jadi, kita tidak tahu pemberhentian itu dilakukan oleh lembaga pendidikan itu,” katanya.

Meski demikian, pihaknya juga memberikan rekomendasi untuk adanya pembinaan kepada para tenaga pendidik, karena jika sesuai aturan pendidik, setiap tenaga pendidik, baik ASN ataupun non-ASN harus bersikap netral. (inilah/ags/data2)

Check Also

Soal Kursi Ketua DPR, Puan: Saya Punya Pengalaman

DENPASAR – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagai pemenang Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif 2019 secara ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.