Home / Warta / Mancanegara / Upaya Turki Buktikan ‘Kebusukan’ Saudi lewat Kasus Khashoggi
foto: (Reuters)

Upaya Turki Buktikan ‘Kebusukan’ Saudi lewat Kasus Khashoggi

ISLAMABAD, Waspada.co.id – Turki menjadi salah satu negara yang sangat keras menindak kasus Jamal Khashogi yang menghilang setelah memasuki gedung konsulat Arab Saudi di Istanbul pada 2 Oktober lalu.

Tak hanya karena kasus tersebut terjadi di negaranya, insiden yang menimpa Khashoggi disebut sebagai kesempatan bagi Presiden Recep Tayyip Erdogan untuk membuktikan kebusukan Arab Saudi ke dunia internasional.

Ankara dan Riyadh telah lama bersaing pengaruh di Timur Tengah. Kedua negara juga dikenal berselisih pendapat terkait pengucilan Qatar oleh sejumlah negara Teluk yang hingga kini membuat kawasan semakin terpecah.

Sejumlah pengamat mengatakan relasi Turki dan Saudi merenggang, terutama setelah Pangeran Mohammed bin Salman ditunjuk sebagai Putra Mahkota Kerajaan.

Pewaris takhta kerajaan Saudi itu bahkan menganggap Turki sebagai “segitiga setan” di kawasan bersama Iran dan kelompok militan.

Sejak awal kasus Khashoggi mencuat ke publik, Turki segera membuka penyelidikan dan semua kemungkinan yang ada.

Meski penyelidikan masih berjalan, Ankara bahkan langsung berasumsi bahwa Khashoggi dibunuh di dalam gedung konsulat Saudi dalam sebuah “konspirasi nakal yang didukung negara.”

Sejumlah ahli menganggap kasus Khashoggi membuka peluang bagi Turki untuk merusak reputasi Pangeran Mohammed, yang sejak awal dituding memerintahkan pembunuhan koresponden The Washington Post itu.

Pengakuan Saudi terhadap kematian Khashoggi juga bisa diklaim Erdogan sebagai buah hasil tekanannya selama ini terhadap Riyadh. Erdogan bahkan disebut menjadikan kasus Khashoggi sebagai nilai tawar kerja samanya dengan Saudi.

Check Also

Trump Buka Peluang Rombak Kabinet

WASHINGTON, Waspada.co.id – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyatakan negaranya akan mengajukan calon duta ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: