Home / Warta / Indonesia Hari Ini / UNHCR Klaim Pengungsi Punya Keahlian Untuk Bekerja di Indonesia
WOL Photo/lihavez

UNHCR Klaim Pengungsi Punya Keahlian Untuk Bekerja di Indonesia

JAKARTA, Waspada.co.id – Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNHCR) meminta kepada Pemerintah Indonesia untuk mengizinkan pengungsi dan para pencari suaka untuk bekerja. UNHCR tengah mendorong Indonesia agar menyediakan skema program kebijakan pemberdayaan para pengungsi asing.

“Para pengungsi sebagian besar memiliki keahlian yang mereka bawa saat dulu masih tinggal di negaranya,” kata Perwakilan UNHCR Indonesia, Thomas Vargas saat ditemui awak media, Kamis (26/4).

Gagasan dari program itu adalah pengungsi yang tengah tertahan menunggu proses relokasi ke negara penerima suaka mampu hidup mandiri dan tidak menggelandang di negara transit seperti di Indonesia.

Saat ini, menurut data UNHCR ada sekitar 14.000 pengungsi dan pencari suaka asing yang berada di Indonesia. Banyak jumlah pengungsi menjadi masalah tersendiri bagi Indonesia. Mereka hidup terlunta-lunta dan hidup di jalanan menunggu kepastian kapan akan dikirim ke negara penempatan.

“Masalahnya baru-baru ini Pemerintah Australia mengubah kebijakan mereka sehingga banyak pengungsi yang terombang-ambing di laut terbuka,” kata dia.

“Namun kita berterima kasih kepada Pemerintah Indonesia yang sudah membuat kebijakan baru melalui Perpres 125 yang memungkin pengungsi yang terombang-ambing di laut dapat transit di Indonesia.” (merdeka/ags/data1)

Check Also

Reses I Tahun 2018, Hinca Pandjaitan Janji Bantu Warga Karo

BERASTAGI, WOL – Anggota Komisi III DPR RI, Hinca Pandjaitan, melakukan reses tahun 2018. Kegiatan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: