Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / UMKM Diharapkan Mampu Bertahan dan Bersaing
Tim LPM Unimed saat bersosialisasi dan memberi motivasi kepada para pelaku UMKM. Dalam kesempatan itu Ketua Tim Pengabdi, Aida Fitriani Sitompul juga memberikan bantuan TTG kepada mitra UMKM. (Ist)

UMKM Diharapkan Mampu Bertahan dan Bersaing

SERDANG BEDAGAI, Waspada.co.id – Optimisme Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) harus terus dipupuk seiring semakin ketatnya persaingan usaha di era globalisasi. Ditambah lagi kedepan akan dilaksanakannya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Staf LPM Unimed Budi Rambe dalam sambutannya, Selasa (14/8) kemarin, mengatakan Universitas Negeri Medan (Unimed) dalam hal ini lembaga pengabdian kepada Masyarakat (LPM) Unimed adalah lembaga yang peduli terhadap usaha mikro.

Dia mengatakan, LPM Unimed akan terus berupaya memberikan kerja-kerja nyata untuk meningkatkan perekonomian dan pendidikan untuk usaha mikro, karena proses pendidikan dan pendampingan merupakan sebuah solusi konkrit untuk mengatasi masalah kemiskinan dewasa ini.

Ketua Tim Pengabdi Aida Fitriani Sitompul mengatakan program ini merupakan program Kemitraan Masyarakat (PKM) Kemenristek Dikti, teknis kegiatan ini di fokuskan pada masalah produksi (pemanfaatan TTG), masalah Pemasaran, pembukuan atau administrasi usaha, dan desain kemasan produk dan keempat bagian tersebut akan dipandu oleh pakar dari bidang masing-masing yang merupakan dosen di Universitas Negeri Medan.

“Sehingga target utamanya para pelaku ekonomi mikro yang tergabung di UMKM Zackrezz dan UMKM Mekar dapat lebih optimal dalam mengelola usahanya dan dapat mencapai target dalam hal membantu perekonomian dikeluarga,” tegas Aida.

Pemasaran, menurutnya, adalah kunci persaingan saat ini, oleh karena itu tim pengabdi akan membantu pemasaran usaha mikro melalui media-media sosial FB, Intagram, dll sehingga khalayak banyak akan lebih mengenal uasaha tersebut.

Disamping itu, kata Aida, pelaku usaha mikro harus terus meningkatkan produktivitas dan kreatifitas. Dengan semakin kreatif dan produktifnya pelaku-pelaku usaha, maka roda perekonomian dapat berputar meskipun saiangan usaha semakin banyak.

“Dalam pelatihan dan pendampingan Tim pengabdi juga akan memberikan bantuan alat TTG kepada pengusaha mikro berupa mesin pemotong ubi, sealer, dan beberapa alat pendukung usaha yang diharapkan dapat meningkatkan produktifitas usaha mikro.”

Mewakili kelompok, Zaki dalam sambutannya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada tim dosen Unimed dan LPM Unimed yang telah sudi memberikan bantuan kepada pelaku UMKM. Dia berharap kegiatan ini dapat terus dilaksanakan dimasa-masa yang akan datang. (wol/ags/min)

Editor: Agus Utama

Check Also

Jelang Lebaran, Industri Mebel Lesu Permintaan

MEDAN, Waspada.co.id – Menjelang Lebaran, industri mebel atau perabot rumah tangga di Kota Medan masih ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: