Home / Warta / Mancanegara / Tumbangkan Turnbull, Ini “Sepak Terjang” Morrison Duduki Kursi PM Australia
Mantan Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull menggendong cucunya seusai memberikan penjelasan kepada pers terkait dengan penggulingan dirinya, di Canberra, Australia, kemarin (24/8). (foto: AFP/Saeed Khan)

Tumbangkan Turnbull, Ini “Sepak Terjang” Morrison Duduki Kursi PM Australia

CANBERRA, Waspada.co.id – Scott Morrison kemarin dilantik sebagai perdana menteri ketujuh Australia dalam 11 tahun terakhir. Morrison menduduki jabatan tersebut setelah dia dan para anggota Partai Liberal ‘memberontak’ terhadap kepemimpinan PM Australia sebelumnya, Malcolm Turnbull, yang sama-sama berasal dari Partai Liberal. Pergolakan politik itu tak urung membuahkan cibiran dari warga Australia.

Morrison mengakui pertengkaran politik tersebut berdampak kepada kekompakan di Parlemen Australia serta Partai Liberal sendiri.

“Tanggung jawab kami sekarang ialah menyatukan kembali Partai Liberal yang kacau belakangan ini. Kami juga akan mempererat kekompakan di parlemen demi keutuhan bangsa,” ungkap Morrison.

Partai Liberal belakangan ini memang kerap bentrok dengan Turnbull yang mengeluarkan kebijakan-kebijakan moderat.

Mantan Menteri Dalam Negeri Peter Dutton, yang juga tokoh sayap kanan, lalu menjadi motor penggerak dalam upaya menyingkirkan Turnbull.

Setelah terjadi manuver politik di Canberra seminggu belakangan ini, lewat pemungutan suara, Partai Liberal akhirnya memilih Morrison yang sejatinya sekutu Turnbull dan menduduki posisi bendahara partai.

Sebagai mantan menteri imigrasi, Morrison terkenal karena kebijakan yang keras, yaitu menghentikan masuknya para pencari suaka ke Australia.

Pakar politik Rob Manwaring dari Universitas Flinders menilai Morrison mungkin akan meneruskan kebijakan-kebijakan ekonomi era Turnbull. Namun, kebijakannya di bidang lingkungan hidup mungkin bergeser ke sayap kanan.

“Di satu sisi mungkin tidak akan ada perubahan (di bidang ekonomi), tapi di sisi lain (dia) mungkin akan mengurangi kebijakan-kebijakan radikal terkait dengan iklim,” ujar Manwaring.

Naiknya Morrison ini juga ialah babak terbaru dari pergolakan politik di Australia. Belum ada tokoh yang mampu menyelesaikan masa jabatannya sebagai perdana menteri sejak mantan PM John Howard kalah di Pemilu 2007.

Seorang menteri, Darren Chester, bahkan begitu kecewa dengan langkah penggulingan Turnbull tersebut sampai-sampai dia menuliskan permintaan maaf melalui akun Twitter-nya. Namun Darren berharap Partai Liberal akan memberikan hal-hal yang lebih baik untuk Australia dari 10 tahun terakhir (wol/Media Indonesia/data2)

Check Also

Alasan Indomie Jadi Makanan Favorit Tahanan di Australia

VICTORIA, Waspada.co.id – Indomie, makanan cepat saji buatan Indonesia, ternyata menjadi makanan favorit para penghuni ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: