Newsticker
WOL / Warta / Mancanegara / Trump dan Erdogan Puji Hubungan AS-Turki yang Luar Biasa
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (ki) dan Presiden AS Donald Trump berjabat tangan usai memberi keterangan pada wartawan di Gedung Putih, Washington, AS, 16 Mei 2017. (Foto: Reuters)
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (ki) dan Presiden AS Donald Trump berjabat tangan usai memberi keterangan pada wartawan di Gedung Putih, Washington, AS, 16 Mei 2017. (Foto: Reuters)

Trump dan Erdogan Puji Hubungan AS-Turki yang Luar Biasa

Benner-Erry
agregasi
agregasi

 

WASHINGTON – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan memuji hubungan yang luar biasa antara Turki dengan Amerika Serikat (AS) saat bertemu dengan Presiden AS Donald Trump di Washington, Selasa, 16 Mei. Dalam pertemuan itu, kedua pemimpin menekankan kuatnya hubungan antara dua negara anggota NATO itu.

“Kita memiliki hubungan yang sangat baik dan akan membuatnya menjadi lebih baik lagi,” kata Trump saat muncul bersama Erdogan sebagaimana dilansir Reuters, Rabu (17/5/2017).

Meski Erdogan dan Trump menunjukkan nada positif, hubungan kedua negara dalam beberapa bulan terakhir terganggu beberapa isu sensitif.

Keputusan Washington untuk mempersenjatai milisi Kurdi YPG guna melawan ISIS di Suriah mendapat kecaman dari Turki. Ankara melihat YPG sebagai perpanjangan dari pemberontak Partai Pekerja Kurdi (PKK) yang berseteru dengan mereka.

Hal ini sempat dikemukakan Erdogan di Washington yang secara tegas mengatakan bahwa Turki tidak akan pernah menerima aktivitas YPG dan sayap politiknya, PYD di kawasan. Sebelumnya, Erdogan telah menyatakan akan menggunakan kunjungannya ini untuk membujuk Trump mengubah kebijakannya terhadap YPG.

Isu lain adalah penolakan AS untuk mengekstradisi Fethullah Gulen yang saat ini berada di lokasi pengasingan di Pennsylvania, AS. Erdogan menuduh Gulen sebagai dalang dari upaya kudeta yang gagal pada Juli 2016 dan menuntut AS untuk menyerahkan ulama oposisi itu.

Turki adalah mitra penting dalam koalisi pimpinan AS dalam menghadapi ISIS. Aliansi AS-Turki terbukti penting dalam pertempuran melawan ISIS di Suriah, memberikan koalisi akses ke pangkalan udara Incirlik di Turki untuk melakukan serangan terhadap kelompok teror itu.

Baca Juga

Presiden Turki, Tayyip Erdogan (Foto: Reuters)

Erdogan Desak Konflik Qatar Diselesaikan Sebelum Akhir Ramadan

  ISTANBUL – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan bahwa sengketa antara Qatar dengan negara-negara ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.