Breaking News
Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / Transaksi Meningkat hingga 50%, Bukti Masyarakat Sering Belanja Online!
Istimewa
Istimewa

Transaksi Meningkat hingga 50%, Bukti Masyarakat Sering Belanja Online!

agregasi
agregasi

 

JAKARTA – Pemerintah memastikan tidak ada penurunan daya beli masyarakat. Hal ini dikarenakan tidak ada indikasi data yang menunjukkan penyebab pelemahan daya beli seperti yang diisukan akhir-akhir ini.

Hanya saja BPS mencatat ada pergeseran pola konsumsi dari offline ke online. Tapi hal ini hanya terjadi di kalangan masyarakat menengah ke atas.

Menanggapi hal ini, Ketua Umum Asosiasi e-Commerce Indonesia Aulia Marianto mengatakan, pertumbuhan transaksi perdagangangan online atau e-commerce setiap tahunnya terus mengalami peningkatan. Bahkan e-commerce berpotensi bisa mencapai USD130 miliar hingga tahun 2020.

“Kami mencari model bisnis yang pas, ini sebuah dinamika yang wajar bahwa industri e-commerce ada yang sedemikian rupa mencari model atau melakukan inovasi. Dengan adanya prospek ekonomi Indonesia untuk membangun e-commerce, maka kami merasakan pertumbuhan dari waktu ke waktu,” ungkapnya di Forum Merdeka Barat, Jakarta, Sabtu (12/8/2017).

Selain itu, ia mencatat bahwa transaksi e-commerce di tahun 2017 juga lebih mengalami peningkatan hingga 30% hingga 50% dibandingkan tahun 2014.

“Besaran transaksi e-commerce masih 2% dari total transaksi perdagangan konsumsional,” tukasnya.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), pertumbuhan lapangan usaha informasi dan komunikasi selama kuartal II 2017 memang tercatat yang terbesar, mencapai 10,8% year on year (yoy). Adapun lapangan usaha di industri hanya tumbuh 3,54% (yoy). Namun demikian, andil informasi dan komunikasi terhadap pertumbuhan eknonmi masih sanga kecil, yakni hanya 3,83% (yoy), masih jauh di atas sektor industri yang mendominasi sebesar 20,26% (yoy).

 

Check Also

ilustrasi (waspada.co.id)

Rupiah Menguat Tipis di Rp13.354 Per Dolar AS

JAKARTA, WOL – Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Jumat (18/7) pagi, bergerak ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.