_
Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / TPID Komit Kembalikan Harga Pangan Terutama Cabai
WOL Photo

TPID Komit Kembalikan Harga Pangan Terutama Cabai

MEDAN, Waspada.co.id – Sebagai penyumbang terbesar bagi inflasi Sumut sejak Maret-Juli 2019, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Sumatera Utara komit mengembalikan harga pangan untuk cabai merah.

Maret 2019, cabai merah menyumbang 0,40 persen, April sebesar 0,85 persen, Mei sebesar 0,80 persen, Juni sebesar 1,26 persen dan pada Juli sebesar 0,95 persen. Itu artinya, cabai merah sudah menyumbang sekitar 4,26 persen terhadap tingkat inflasi Sumut secara year to date (Januari-Juli) yang mencapai 5,21 persen.

Danapain cinflasi Sumut secara year to date ini menjadi yang terburuk, karena di periode sama tahun lalu hanya sebesar 1,83 persen. Realisasi inflasi Sumut hingga Juli ini juga sudah jauh di atas target inflasi Sumatera dan nasional tahun 2019 yang di patok kisaran 3,51 persen.

Disampaikan Wakil Ketua TPID Sumut, Wiwiek Sisto Widayat bahwa Agustus ini, inflasi Sumut diperkirakan masih sulit diredam karena harga cabai merah masih mahal.

“Saat ini, di sejumlah pasar tradisional harganya masih berkisar Rp88.000 hingga Rp100.000 per kg bahkan di pedagang kelontong, bisa mencapai Rp120.000 per kg. TPID Sumut berkomitmen meredam harga cabai merah caranya dengan diadakan operasi pasar agar harganya terkendali. Selain itu, distribusi dari sentra cabai akan dipastikan kelancarannya sehingga pedagang bisa mendapatkan stok seperti biasa,” jelasnya, Rabu (21/8).

TPID akan mengkoordinasikan pelaksanaan operasi pasar secara efektif dan transparan. Selain itu, pasar murah juga akan digelar supaya harga bisa terjangkau masyarakat. Untuk ketersediaan pasokan, akan dipastikan dengan cara melakukan pemberian bantuan saprodi bantuan kepada petani. Karena memang ada sejumlah sentra terutama cabai yang sedang bermasalah.

“TPID Sumut juga akan melakukan pemantauan harga secara insentif baik secara langsung di pasar maupun melalui sistem informasi harga pangan (PIHPS),” tandasnya.(wol/eko/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Agustus Diprediksi Inflasi di Atas 1 Persen

MEDAN, Waspada.co.id – Ekonom Sumut, Gunawan Benjamin, memprediksi Agustus 2019 mengalami inflasi di atas 1 ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.