Home / Warta / Politik / Tolak Perda Syariah, PSI Tak Bisa Dibubarkan?
ist

Tolak Perda Syariah, PSI Tak Bisa Dibubarkan?

JAKARTA, Waspada.co.id – Pengamat Politik Ray Rangkuti menilai Partai Solidaritas Indonesia (PSI) tak bisa dibubarkan hanya karena menolak Perda Syariah. Pernyataan tersebut dinilai tidak yang bertentangan dengan konstitusi.

“Tidak ada yang memungkinkan untuk melakukan (pembubaran) itu. Mereka tidak menolak konstitusi kok, seperti HTI gitu,” katanya kepada wartawan, Jumat (16/11).

Sebelumnya Jubir FPI Novel Bamukmin menilai PSI menentang Pancasila sila pertama Ketuhanan yang Maha Esa. Itu menanggapi pernyataan Ketum PSI Grace Natalie yang menolak Perda Syariah dan Perda Injil.

Ray menilai penafsiran tersebut terlalu sembrono. Tafsir sila pertama itu menurutnya, menegaskan hak setiap orang memeluk agamanya.

“Ketuhanan yang maha esa itu menegaskan bahwa semua orang dijamin hak beragamanya, tetapi dia harus berdasarkan ya kalau hukum negara ya berdasarkan konstitusi, bukan berdasarkan agama tertentu,” jelasnya.

Direktur LIMA itu menambahkan, salah tafsir jika ajaran agama harus muncul. “Jadi pasal pertama itu menegasikan untuk mewajibkan negara tidak membuat aturan untuk agama tertentu, tapi agama yang sama diyakini atau aturan yang diyakini oleh sama-sama pemeluk agama gitu,” ucapnya.

“Makanya Perda Syariah, Perda Injil atau perda apa lah, enggak tepat. Karena perda itu atas nama agama tertentu. Bukan atas nama kesepakatan agama-agama di Indonesia,” tandasnya. (merdeka/ags/data2)

Check Also

Latih KPPS, KPU Medan Minta Dukungan Wali Kota

MEDAN, Waspada.co.id – Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, mendukung penuh kegiatan Pelatihan Kelompok Penyelenggara Pemungutan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: