Home / Warta / Politik / Tjahjo: Ahok Tetap Cagub DKI
Istimewa

Tjahjo: Ahok Tetap Cagub DKI

JAKARTA, WOL – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyatakan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok masih tetap calon Gubernur DKI Jakarta meski proses hukum terus bergulir terhadapnya.

“Diputuskan apa pun seorang calon kepala daerah yang sudah mendapatkan penetapan dari KPU, walaupun dia tersangka atau terdakwa ya dia tetap sah sebagai calon, kecuali dia mundur,” kata Mendagri, Selasa (8/11).

Namun jika mundur, maka ada konsekuensi besar berupa sanksi pidana dan denda yang besar. Mendagri menyebutkan, kasus yang saat ini ditangani kepolisian, keputusan penuh ada di tangan kepolisian sesuai arahan Presiden Joko Widodo.

“Kita tunggu saja bagaimana hasilnya tapi secara prinsip, aturan UU, aturan KPU, sekarang seorang terpidana pun masih bisa menjadi calon sampai menunggu keputusan (berkekuatan tetap) inkracht,” jelasnya.

Mengenai kegiatan kampanye yang saat ini berlangsung, Mendagri mengatakan tetap terus jalan dan tidak ada masalah.

“Kampanye juga tidak harus yang bersangkutan. Istrinya juga bisa, tim suksesnya juga boleh, tidak ada masalah. Yang penting tiga pasang calon harus mempunyai hak yang sama untuk menyosialisasikan dirinya, menyampaikan programnya,” tandasnya.(ags/ant/data1)

Check Also

Anies: Petugas Paspampres Itu Hanya Menjalankan Tugas

JAKARTA, WOL – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku kasihan dengan petugas Paspampres. Hal ini ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: