Home / Warta / Mancanegara / Tiongkok Bantah Tuduhan Trump Soal Sanksi Korut
foto: istimewa

Tiongkok Bantah Tuduhan Trump Soal Sanksi Korut

BEIJING,WOL – Tiongkok pada Jumat (29/12) membantah tuduhan bahwa pihaknya membantu Pyongyang melanggar sanksi setelah Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengklaim di Twitter bahwa Beijing menutup mata soal transfer minyak ke Korea Utara.

Cuitan Trump itu adalah yang terbaru dalam upayanya untuk meyakinkan Tiongkok guna memperketat tekanan ekonomi terhadap Pyongyang terkait program rudal dan nuklirnya.Dalam upaya itu Trump telah menggunakan pujian dan kritikan untuk Beijing.

“Tertangkap BASAH — sangat kecewa bahwa Tiongkok membiarkan minyak masuk ke Korea Utara,” tulis Trump di Twitter pada Kamis.

“Tidak akan pernah ada solusi damai untuk masalah Korea Utara bila ini terus terjadi!”

PBB — atas desakan AS — telah memberlakukan serangkaian sanksi terhadap Korea Utara yang bertujuan untuk menghentikan pengembangan persenjataan mereka.

Tiongkok telah mendukung langkah tersebut, tetapi para kritikus mengklaim bahwa Tiongkok tidak tegas dalam memberlakukan sanksi itu, karena khawatir bahwa tekanan yang terlalu banyak akan membuat rezim yang tidak dapat diprediksi itu runtuh.

Surat kabar Korea Selatan Chosun Ilbo, mengutip narasumber pemerintah di Seoul, melaporkan pada awal pekan ini bahwa satelit AS menemukan kapal-kapal Tiongkok puluhan kali menjual minyak ke kapal-kapal Korea Utara di laut sejak Oktober, demikian dikutip dari laporan AFP.(antara/data1)

Check Also

Tiba di AS, Trump: Tidak Ada Lagi Ancaman Nuklir dari Korut

  WASHINGTON – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyatakan, tidak ada lagi ancaman nuklir ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: