Home / Warta / Mancanegara / Tim Aerobatic TNI AU batal tampil di Langkawi

Tim Aerobatic TNI AU batal tampil di Langkawi

WASPADA ONLINE

JAKARTA – Tim Aerobatic Jupiter TNI batal tampil di perhelatan Langkawi International Maritime and Aerospace (Lima) 2015 di Malaysia. Keputusan terpaksa dikeluarkan karena empat pilot yang mengalami kecelakaan masih menjalani perawatan.

Ya betul (dibatalkan), Panglima TNI memerintahkan untuk dibatalkan saja. Dengan pertimbangan-pertimbangan tidak optimal penampilannya, kata Kepala Pusat Penerangan TNI AU, Mayjen Fuad Basya, hari ini.

Fuad menjelaskan, Panglima TNI Jenderal Moeldoko memerintahkan Tim Aerobatic Jupiter TNI untuk segera kembali ke Tanah Air. Perintah lainnya, ke-empat pilot yang mengalami kecelakaan menjalani perawatan di Indonesia.

Fuad menyebutkan beberapa pertimbangan untuk membatalkan penampilan Tim Aerobatic Jupiter TNI. Antara lain, psikologis para pilot yang mengalami kecelakaan masih terganggu. Dikhawatirkan, kondisi tersebut berpengaruh ke pilot lain yang tidak mengalami kecelakaan.

Mereka kan berupa tim, latihan berupa tim, jadi untuk membentuk manuver kegiatan itu berupa tim. Dengan kurang dua orang ini, manuver-manuver yang mereka lakukan akan berubah. Nah, perubahan manuver ini tidak bisa dilakukan begitu saja, itu harus ada latihan lagi, imbuh Fuad.

Pelaksanaan gladi resik acara Lima 2015 telah selesai pada Minggu (15/3/2015) kemarin. “Jadi, sudah tidak ada lagi waktu untuk latihan dengan tim yang berkurang ini,” tukasnya.

Diberitakan sebelumnya, dua pesawat tim Aerobatic Jupiter TNI Angkatan Udara bersenggolan di udara dan terjatuh di Langkawi, Malaysia, kemarin.

Satu pesawat terjatuh di area Bandara Internasional Langkawi. Sementara satu lainnya terjatuh di permukiman warga, dan menyulut api ke dua rumah di Kampong Gelam.

Sedianya, Tim Aerobatic Jupiter TNI ini akan tampil dalam perhelatan Langkawi International Maritime and Aerospace (Lima) 2015 di Malaysia, 17-21 Maret.
(dat06/metrotvnews)

Check Also

Tim Gabungan Kembali ‘Babat’ 6 Unit Papan Reklame Bermasalah

MEDAN, Waspada.co.id – Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, membuktikan komitmennya untuk terus melanjutkan pembongkaran papan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: