Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Tilang Elektronik Tidak Menahan SIM dan STNK, Tapi…
ilustrasi

Tilang Elektronik Tidak Menahan SIM dan STNK, Tapi…

Agregasi

 

JAKARTA – Bagi mereka yang melanggar akan terkam kamera dan masuk ke TMC Polda Metro Jaya untuk dilihat apakah benar melakukan pelanggaran dengan tidak menahan STNK maupun SIM pelanggar. Pengiriman surat tilang sendiri nantinya akan dilakukan oleh anggotanya ke rumah, begitulah cara tilang elektronik jika benar akan dilaksanakan.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusuf mengatakan, pihaknya akan memberikan waktu dua minggu kepada para pelanggar yang ditilang melalui sistem electronic traffic law enforcement (ETLE) untuk membayar denda sebelum memblokir STNK pelanggar.

“Kalau seminggu dua minggu (pelanggar) tidak ada respons, ya kita blokir STNK di Samsat,” kata Yusuf di Polda Metro Jaya, Selasa, (18/9/2018).

Sebab, pada pelaksanaannya nanti sistem ETLE sendiri tidak akan menahan STNK maupun SIM pelanggar sehingga memungkinkan pengendara tetap leluasa setelah ditilang.

“Jadi pas bayar pajak nanti enggak bisa sebelum bayar tagihan (denda),” tururnya.

Mereka yang sudah di blokir STNK baru bisa membuka blokirnya setelah membayar denda melalui bank dan menyerahkan bukti pembayaran tersebut ke polisi. “Bayar di bank kalau sidah di bank STNK lepas blokir setelah bukti registrasi diserahin ke polisi,” tambahnya.

Sistem ETLE sendiri, kata Yusuf, baru akan diuji coba pada Oketober mendatang di Kawasan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat. Polisi akan menyiapkan empat CCTV dalam uji coba tersebut

“Kita akan uji coba empat kamera dulu nanti kita tambah,” terangnya

Namun demikian pihaknya masih belum mendapatkan titik-titik mana saja yang nantinya akan dipasang kamera tersebut. “Kita masih menentukan titik-titik (mana saja yang akan dipasang),” tukasnya.

Check Also

Uji Coba E-Tilang, Polisi Mulai Pasang Alat di Sejumlah Titik Jakarta

  JAKARTA – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro akan segera lakukan uji coba sistem ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: