_
Home / Warta / Mancanegara / Tiga Aktivis Penghina Keluarga Kerajaan Thailand Menghilang
Ilustrasi

Tiga Aktivis Penghina Keluarga Kerajaan Thailand Menghilang

BANGKOK, Waspada.co.id – Tiga orang aktivis Thailand yang dituduh menghina keluarga kerajaan dikabarkan menghilang setelah sempat ditangkap di Vietnam. Mereka adalah Chucheep Chiwasut, seorang yang menyiarkan komentar politik terhadap Thailand terkait masalah pengasingan, serta rekannya yakni Siam Theerawut dan Kritsana Thapthai.

Ketiga orang ini dilaporkan telah diserahkan ke pihak berwenang Thailand oleh Vietnam pada Rabu (8/5). Namun, kabar mereka tak diketahui sampai saat ini. Aliansi Thailand untuk Hak Asasi Manusia yang berbasis di AS melaporkan bahwa Chucheep, yang lebih dikenal Paman Sanam Luang, telah dipulangkan kembali ke Thailand.

“Paman Sanam Luang dan dua aktivis lainnya ditangkap bulan lalu. Namun, mereka baru dipulangkan ke Thailand dari Vietnam pada 8 Mei,” kata Piangdin Rakhtai selaku perwakilan aliansi.

“Kami khawatir dengan situasi yang terjadi. Ada banyak pelenyapan dan kematian terjadi terhadap aktivis politik yang melawan pemerintahan militer dan mengkritik keluarga kerajaan.”

Keluarga dan juga kelompok hak asasi di Thailand meminta jawaban tentang keberadaan tiga orang aktivis Thailand yang menghilang.

Kelompok hak asasi manusia mengatakan bahwa ketiga aktivis ini ditangkap di Vietnam pada awal tahun ini dan dikirim kembali ke Thailand pada minggu ini.

Ibu Siam mengungkapkan bahwa dia mendengar kabar terakhir tentang anaknya beberapa bulan lalu.

“Dia mengatakan bahwa dia baik-baik saja dan bicara tentang apa yang sudah dia makan dan tempat yang sudah dia kunjungi. Tapi dia tidak mengatakan keberadaannya,” kata Kanya Theerawut kepada AFP.

Dia menambahkan bahwa dia sudah mengunjungi kantor polisi minggu ini tapi dia tak mendapatkan informasi apapun.

“Saya ingin tahu di mana anak saya,” katanya.

Sementara seorang pejabat senior dari kepolisian Thailand mengonfirmasi bahwa ketiga pria tersebut berada di Vietnam, namun dia tak punya informasi tentang penangkapan tersebut. (cnn/data1)

Check Also

PBB Temukan Bukti Baru Kejahatan Perang di Myanmar

JENEWA, Waspada.co.id – Penyidik PBB menemukan pasukan keamanan dan pemberontak Myanmar melakukan pelanggaran hak asasi manusia ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.