Home / Warta / Indonesia Hari Ini / THR PNS dan Pensiunan Kuras APBN, Menpan-RB: Wajar Kita Beri Apresiasi
Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Asman Abnur. (Ist)

THR PNS dan Pensiunan Kuras APBN, Menpan-RB: Wajar Kita Beri Apresiasi

agregasi
agregasi

 

JAKARTA – Pemerintah menganggarkan pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) dan gaji ke-13 2018 untuk PNS sebesar Rp35,76 triliun yang berasal dari APBN 2018. Jumlah itu meningkat 68,9% karena tahun 2017 pensiunan tidak mendapat THR.

Selain itu, THR tahun ini pun jauh lebih besar, sebab tak hanya gaji pokok saja, namun ditambah tunjangan keluarga sekaligus tunjangan kinerja. Dalam Peraturan Pemerintah (PP) yang telah ditandatangani Presiden Joko Widodo (Jokowi) pemberian THR dan gaji ke-13 untuk para pensiunan, penerima tunjangan, seluruh PNS, prajurit TNI dan anggota Polri.

Presiden Sudah Teken PP Pemberian THR 2018 Sebesar Rp35,76 T

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) Asman Abnur menyatakan, alasan penambahan anggaran THR ini karena melihat kinerja PNS yang dinilai membaik selama beberapa tahun belakangan.

“Saya melihat 2-3 tahun belakangan ini, kinerja PNS itu luar biasa, peningkatan akuntabilitas dipersentasikan dalam nilai Laporan Akuntabiilitas Kinerja Pemerintah (LAKIP), hasil evaluasinya meningkat. Jadi wajar kalau kita beri apresiasi,” katanya di Kantor Staf Kepresidenan, Jakarta, Jumat (25/5/2018).

Sedangkan untuk pemberian THR bagi pensiun, dia beralasan, karena pendapatan yang diperoleh turun drastis pasca selesai menjadi abdi negara. Oleh sebab itu, keputusan memberi THR sebagai bentuk apresiasi negara.

“Untuk pensiun saya tergelitik. Bayangkan eselon I itu, begitu dia pensiun, langsung turun drastis pendapatannya. Jadi wajarlah kita beri apresiasi sebagai anak bangsa, mereka yang sudah banyak berjasa bagi Republik ini mendapat THR setahun sekali dari pemerintah,” tukasnya.

Saat ditanyai kemungkinan pemberian THR bagi pensiunan akan terus berlanjut untuk seterusnya, Asman mengaku hal itu memang diharapkan. “Ya kita harapkan tiap tahun,” katanya.

Check Also

Bawaslu Nyatakan Luhut dan Sri Mulyani Tak Bersalah

JAKARTA, Waspada.co.id – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menyatakan, Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan dan Menkeu ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: