_
Home / Warta / Mancanegara / Tertangkap Kamera, Pendukung Trump Serang Wartawan BBC Inggris
Seorang pendukung Presiden AS Donald Trump diamankan setelah menyerang seorang juru kamera BBC. (Foto/Ist)

Tertangkap Kamera, Pendukung Trump Serang Wartawan BBC Inggris

TEXAS, Waspada.co.id – Wartawan BBC Ron Skeans dan kru berita lainnya, diserang oleh seorang pendukung Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, saat kampanye di El Paso, Texas.

Seorang pria pendukung Trump tersebut, mengenakan topi Make America Great Again. Dia mendorong dan mengucapkan sumpah serapah kepada wartawan, sebelum akhirnya ditarik pergi.

Skeans mengatakan “dorongan yang sangat keras” berasal dari kerinduannya. “Aku tidak tahu apa yang sedang terjadi,” ujarnya seperti dikutip dari BBC, Rabu (13/2/2019).

Dia juga mengatakan, pria itu hampir menjatuhkannya dan kameranya dua kali sebelum dia diganggu oleh seorang blogger.

Trump yang melihat serangan itu terjadi segera memastikan Skeans baik-baik saja, dengan memberikan isyarat jempol. Ia kemudian melanjutkan pidatonya setelah Skeans membalas isyaratnya itu.

Produser BBC Washington, Eleanor Montague menyebut, pengunjuk rasa itu telah menyerang kru berita lain, tetapi Skeans “mendapat pukulan berat”. Montague sendiri tengah duduk di depan kamera bersama koresponden BBC Washington Gary O’Donoghue.

Menurut Montague Trump tengah berbicara tentang “berita palsu” dan bagaimana media salah mengartikannya sebelum penyerangan terjadi.

Sementara berbicara pada program Today di BBC Radio 4, O’Donoghue mengatakan itu “serangan yang sangat kejam”.

“Ini adalah fitur konstan dari aksi unjuk rasa ini – dorongan massa terhadap media,” kata O’Donoghue, yang menambahkan bahwa dia diludahi sebelumnya.

Seorang pejabat kampanye untuk Trump kemudian menyebutkan jika pelaku penyerangan itu tengah mabuk.

Usai kejadian, BBC langsung menulis surat kepada Sekretaris Pers Gedung Putih Sarah Sanders untuk meminta tinjauan pengaturan keamanan bagi media yang menghadiri kampanye presiden setelah serangan itu.

Trump diketahui mempunyai hubungan yang tidak akur dengan media sejak awal menduduki Gedung Putih. Ia menyebut wartawan adalah “musuh rakyat” dan mengecam “berita palsu” karena laporan yang dia anggap tidak menguntungkan.

Agustus lalu, para pakar PBB memperingatkan serangan Trump kepada wartawan meningkatkan risiko bagi para pemburu berita menjadi korban kekerasan dan menyebut retorikanya strategis.

Penerbit New York Times AG Sulzberger mendesak presiden untuk menghentikan serangan media.

Sementara itu CNN memfilmkan para pendukung Trump yang melakukan pelecehan lewat teriakannya dan bersumpah serapah pada wartawan yang meliput rapat umum di Florida tahun lalu.

Mantan direktur komunikasi Gedung Putih Anthony Scaramucci mengutuk pendukung Trump di rapat umum Florida di Twitter, mengatakan perilaku itu “bukan siapa kita”.

Trump menyambangi El Paso, di perbatasan AS dengan Meksiko, untuk berkampanye soal tembok perbatasan yang menyebabkan penutupan pemerintah terpanjang dalam sejarah AS. (sindo)

Check Also

Pentagon Klaim Punya Bukti Iran Pindahkan Rudal Nuklir Dengan Kapal Kargo

WASHINGTON, Waspada.co.id – Amerika Serikat mengklaim mempunyai bukti berupa sejumlah foto yang menunjukkan kapal kargo Iran ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: