Breaking News
Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / Tekanan Inflasi Bersumber Pada Administered Prices
WOL Photo
WOL Photo

Tekanan Inflasi Bersumber Pada Administered Prices

MEDAN, WOL – Tekanan inflasi di bulan Mei 2017 terutama bersumber dari kelompok Administered Prices (AP) yang tercatat sebesar 0,52% (mtm), lebih rendah dari bulan sebelumnya (1,11% mtm). Demikian hal ini disampaikan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumut, Arief Budi Santoso, Jumat (9/6).

“Secara tahunan inflasi AP mengalami peningkatan dari 6,53% (yoy) menjadi 7,18% (yoy). Inflasi terutama bersumber dari dampak kenaikan tarif listrik pra bayar daya 900 VA yang tercatat mengalami inflasi sebesar 1,01% (mtm),” tuturnya.

Tetapi ada dampak peningkatan penumpang udara di awal bulan Ramadhan terhadap tarif angkutan udara masih terbatas dengan inflasi sebesar 4,36% (mtm).

“Inflasi kelompok ini juga disumbang oleh kenaikan harga bensin non subsidi (Pertamax dan Pertamax Plus) sebesar 0,97% seiring dengan harga minyak dunia yang meningkat,” tutur Arief.

Dalam kaitan ini, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) di Provinsi Sumatera Utara tetap berkomitmen untuk menjaga pasokan dan kelancaran distribusi bahan pokok terutama sepanjang bulan puasa dan lebaran. Selain itu, stabilitas harga diharapkan dapat dijaga dengan dibentuknya Satgas Pangan terutama untuk mengatasi permasalahan penimbunan pasokan bahan pokok.

“Dan kondisi inflasi lanjutnya, menunjukkan masih terjaganya pasokan. Hal tersebut terlihat pada kelompok Volatile Food (VF) yang masih mengalami deflasi yakni sebesar -0,52% (mtm) atau secara tahunan mencapai 2,06% (yoy),” tambah Arief.

Dan Deflasi tersebut terutama didorong oleh beberapa komoditas seperti daging ayam, bawang merah, cabai rawit, dan ikan dencis yang secara historis menjadi komoditas penyumbang inflasi pada bulan puasa/lebaran.

“Kondisi tersebut disebabkan masih melimpahnya stok di beberapa sentra produksi. Selain itu, masih berlangsungnya musim panen di kawasan Jawa, baik untuk komoditas bawang merah maupun sayur mayur,” tutup Arief.(wol/eko/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Ilustrasi (WOL Photo)

Juni 2017, Ekspor Sumut Turun 17,99 Persen

MEDAN, WOL – Badan Pusat Statistik (BPS) Wilayah I Sumatera Utara, mencatat ekspor melalui pelabuhan ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.