Breaking News
Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Tak Mau Kalah Lagi, KPK Akan Pelajari Gugatan Praperadilan Setya Novanto
Juru Bicara KPK Febri Diansyah
Juru Bicara KPK Febri Diansyah

Tak Mau Kalah Lagi, KPK Akan Pelajari Gugatan Praperadilan Setya Novanto

agregasi
agregasi

 

JAKARTA – Ketua DPR RI Setya Novanto (Setnov) kembali mengajukan gugatan Praperadilan atas status tersangkanya dalam kasus korupsi e-KTP di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan.

Sidang bernomor perkara 133/Pid.Pra/2017/PN JKT.SEL ini rencananya akan digelar pada 30 November 2017 mendatang. Gugatan Praperadilan ini merupakan kedua kalinya yang ditempuh oleh Setnov dalam melawan KPK. Ketika itu, Ketua Umum Partai Golkar itu berhasil menang dari KPK.

Tak mau kalah yang kedua kalinya, Juru Bicara KPK Febri Diansyah menegaskan pihaknya tengah mempelajari dari ajuan gugatan tersangka dalam kasus yang membuat negara merugi Rp2,3 triliun itu.

“Memang permohonan Praperadilan sudah diterima oleh Biro Hukum KPK siang ini sedang dipelajari Praperadilan tersebut,” kata Febri saat jumpa pers dikantornya, Jakarta Selatan, Jumat (17/11/2017).

Sembari mempelajari Praperadilan itu, Febri berkata pihak Biro Hukum KPK akan menyiapkan seluruh materi dan penyidik akan berupaya secara terus menerus mengumpulkan barang bukti.

“Dipanggilan sidang yang dikirimkan dijadwalkan persidangan tanggal 30 November 2017,” ujar Febri.

Gugatan Praperadilan ini sendiri dilakukan oleh Setnov sehari sebelum Pimpinan KPK mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap dirinya, Rabu 15 November 2017 lalu.

KPK kembali menetapkan Setya Novanto sebagai tersangka kasus dugaan korupsi e-KTP, tahun anggaran 2011-2012. Penetapan tersangka Novanto sejalan dengan telah diterbitkannya Surat Perintah Penyidikan (Sprindik) pada 31 Oktober 2017.

Pimpinan lembaga antikorupsi juga telah melayangkan surat ke Mabes Polri dan Interpol untuk meminta nama Novanto dimasukkan ke dalam daftar pencarian orang (DPO). Dan kini, Setnov telah resmi ditahan namun dibantarkan di RSCM.

Check Also

Airlangga Hartarto (Foto: Bayu Septianto/Okezone)

Airlangga Undang Jokowi Hadiri Munaslub Golkar

JAKARTA, WOL – Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto telah melakukan pertemuan dengan Presiden Joko ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.