_
Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / Tahun 2019, Sumut Ventura Targetkan Pembiayaan Rp300 Miliar
WOL Photo

Tahun 2019, Sumut Ventura Targetkan Pembiayaan Rp300 Miliar

MEDAN, Waspada.co.id – Tahun 2019, perusahaan pembiayaan PT Sarana Sumut Ventura menargetkan bisa menyalurkan pembiayaan sebesar Rp300 miliar.

“Di mana target tersebut jauh di atas realisasi pembiayaan di Tahun 2018 yang mencapai Rp25 miliar,” tutur Direktur Regional Sumatera PT Sarana Sumut Ventura, Sri Wahyuni di kantornya, Selasa (26/2).

Rp300 miliar salah satunya akan dicapai dengan penambahan kantor cabang yang ditargetkan sebanyak 24 kantor di seluruh Indonesia di 2019 ini.

“Untuk saat ini, cabang Sumut Ventura baru ada enam cabang yakni di Medan, Tangerang, Ciputat, Malabar, Cimahi, dan Bandung. Tentu dengan penambahan 24 cabang sehingga nanti totalnya 30 cabang, kami optimis bisa menyalurkan pembiayaan Rp300 miliar pada tahun ini,” ungkapnya.

Karena saat ini, pendanaannya masih bergantung pada pemegang saham. Karenanya, diharapkan ada pendanaan dari pemerintah, bank dan lembaga lain yang memiliki fokus ke segmentasi mikro. Dan ekspansi Sumut Ventura yang kini memiliki aset Rp70 miliar, akan tetap disesuaikan dengan sumber dananya.

Ia juga menambahkan, bisnis Sumut Ventura saat ini lebih fokus pada pembiayaan ultra mikro. Sejak diluncurkan pada November 2017, pembiayaan mikro terus tumbuh dan di tahun 2018 mampu menyalurkan pembiayaan Rp15 miliar dengan nasabah sebanyak 6.700 di enam kantor cabang.

“Dan jumlah tersebut, Medan masih mendominasi dengan 5.500 nasabah. Sejauh ini, pembiayaan Sumut Ventura terbesar masih ke sektor perdagangan dengan persentase sebesar 91 persen,” tambahnya.

Untuk sisanya adalah sektor pertanian, jasa dan industri kecil. Pembiayaan yang ditawarkan yakni berkisar Rp1 hingga Rp3 juta untuk siklus pertama, lalu siklus kedua hingga Rp8 juta, dan siklus ketiga hingga Rp10 juta.

“Tentu dengan komitmen memberikan pembiayaan ke sektor yang produktif, sangat diharapkan bisa membantu membesarkan usaha ibu-ibu. Karena memang nasabah mikro Sumut Ventura hampir semuanya ibu-ibu,” lanjut Wahyuni.

Sementara menurut, Direktur Credit & Recovery PT Sarana Sumut Ventura, Azwar, bahwa pihaknya yang betul-betul memberikan perhatian ke sektor ultra mikro bisa mendapatkan suntikan dana.

“Memang pemerintah sudah memberikan concern dan perhatian ke sektor mikro.

Tapi itu memang belum optimal. Jadi kami berharap dari pemerintah memberikan support yang optimal dalam rangka memberdayakan pelaku usaha ultra mikro,” pungkasnya.(wol/eko/pkl2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

2019 Triwulan I Ekonomi Sumut Capai 5,30 Persen

MEDAN, Waspada.co.id – Badan Pusat Statistik (BPS) Wilayah I Sumatera Utara mencatat perekonomian Sumatera Utara ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: