_
Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / “Swasta Belum Maksimal Sumbang Pertumbuhan Ekonomi”
WOL Photo/Ist

“Swasta Belum Maksimal Sumbang Pertumbuhan Ekonomi”

MEDAN, Waspada.co.id – Ketua Komisi VII DPR RI Gus Irawan Pasaribu menilai peran swasta masih minim dalam mendorong pertumbuhan ekonomi. “Saya kira pemerintah tidak bisa berbuat banyak. Harusnya swasta mampu berperan. Tapi situasi memang masih kurang kondusif,” jelasnya.

Gus Irawan Pasaribu mengungkapkan hal itu kepada wartawan di Medan, baru-baru ini. Dia mengatakan kemampuan fiskal pemerintah sangat terbatas. “Karenanya, diperlukan peran serta pihak swasta, baik dari dalam maupun luar negeri untuk melakukan penanaman modal. Investasi merupakan indikator yang dapat menentukan tingkat pertumbuhan ekonomi dalam perekonomian suatu negara,” jelasnya.

Menurutnya, yang paling penting diperhatikan adalah perlunya menciptakan iklim usaha dan investasi yang kondusif. Karena iklim investasi yang kondusif akan menarik minat investor untuk menanamkan modalnya.

Menurut World Bank, indeks kemudahan berusaha atau ease of doing business (EODB) Indonesia tahun 2018 berada pada peringkat ke-73. Secara total, nilai EODB Indonesia naik 1,42 poin menjadi 67,96. Indikator yang menyumbang kenaikan nilai bagi Indonesia adalah indikator memulai usaha, memperoleh kredit, dan pendaftaran properti.

Dia mengungkapkan 2018 merupakan tahun yang berat bagi iklim investasi Indonesia. Nilai realisasi penanaman modal atau investasi asing di Indonesia sekitar 392,7 triliun rupiah, turun 8,8 persen dibandingkan tahun 2017.

Gus Irawan menyoroti turunnya nilai investasi asing Indonesia di tahun 2018 yang lalu diakibatkan oleh gejolak nilai tukar rupiah serta perang dagang di pasar global. Akan tetapi bila dilihat secara historis, iklim investasi Indonesia memiliki lima kendala utama yang kerap dikeluhkan oleh investor.

Kendala tersebut adalah tumpang tindihnya regulasi dan ketidakpastian hukum, pajak, tenaga kerja, perizinan, serta infrastruktur, ujarnya. Atas kondisi itu dia menyarankan pemerintah agar bekerja keras membuat kebijakan dan terus berupaya untuk meminimalisir berbagai kendala yang dihadapi. (wol/min/data2)

Editor: Agus Utama

Check Also

Komisi VII Serahkan Revisi UU Minerba ke Pemerintah

JAKARTA, Waspada.co.id – Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) menyerahkan nasib pembahasan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.