Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Sutopo Purwo Nugroho, Melawan Kanker untuk Dedikasi Menyebar Informasi
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho (Foto: Okezone)

Sutopo Purwo Nugroho, Melawan Kanker untuk Dedikasi Menyebar Informasi

agregasi

 

 

 

JAKARTA – Nama Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho sudah kadung terkenal sebagai orang pertama yang wajib dihubungi pewarta saat adanya bencana.

Terlebih gelombang bencana gempa bumi, erupsi gunung berapi hingga ancaman tsunami terus terjadi dan perlu perkembangan informasi. Di sini, sosok Sutopo lah yang paling berperan.

Sutopo sudah selayak pahlawan tanpa tanda jasa saat terjadi bencana. Ia adalah orang pertama yang memberikan kabar terbaru perihal informasi bencana yang terjadi di tiap pelosok Indonesia. Namun kenyataannya, Sutopo bukanlah manusia sekuat itu, ia tetap manusia biasa yang juga bisa merasakan sakit.

Sutopo divonis mengidap Kanker Paru-Paru stadium 4 pada pertengahan Januari 2018 lalu. Dari informasi itu, Sutopo yang sering memperbaharui informasi bencana, sesungguhnya juga sedang menghadapi bencana di dalam tubuhnya sendiri.

Dinukil dari akun Twitter pribadinya @Sutopo_PN, Sutopo menunjukan kelemahannya. Ia tengah terkapar melawan penyakit yang perlahan menggerogotinya. Namun, penyakit bukan penghalang baginya untuk terus menginformasikan data dan fakta bencana, ia tetap bekerja seolah tak pernah terjadi apa-apa.

“Setelah dipungsi (diambil cairan di paru-paru) dilanjutkan infus kemoterapi keempat. Mohon doanya agar segera sembuh, sehat, sabar dan ikhlas menjalani semua ujian ini. Meskipun sakit, saya tetap berjuang selalu memberikan info bencana di tengah perjuangan untuk tetap hidup,” tutur Sutopo di akun Twitternya.

Kini, di tengah bertubinya bencana yang ada di Indonesia, nama Sutopo tetap dan paling sering dicari untuk perkembangan informasi terkini.

Check Also

Penggunaan Dana Bantuan Gempa Lombok Akan Dipantau

JAKARTA, Waspada.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan bantuan untuk para korban gempa Lombok, NTB ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: