_
Home / Fokus Redaksi / Sutopo Purwo Humas BNPB Wafat di China
istimewa

Sutopo Purwo Humas BNPB Wafat di China

GUANGZHOU, Waspada.co.id – Kabar duka menyelimuti keluarga besar Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho wafat ketika berjuang melawan kanker paru-paru stadium empat.

Sutopo meninggal dunia pada Ahad (7/7) dini hari waktu Guangzhou. “Iya, mohon dimaafkan segala kesalahannya ya,” kata istri Sutopo, Retno Utami dari Guangzhou, Ahad (7/7) dini hari.

Ia mengaku belum mengetahui kapan suaminya bakal dipulangkan ke Indonesia. Retno akan berkoordinasi dengan Konsulat Jenderal RI di Cina. “Diusahakan secepatnya (dipulangkan), akan berkoordinasi dulu dengan Konjen di sini,” kata Retno.

baca: Kemenlu Urus Kepulangan Jenazah Sutopo

Informasi kepergian Sutopo juga dikabarkan dari Direktorat Pengurangan Risiko Bencana (PRB) BNPB melalui akun Twitter-nya @PRB_BNPB.

“Telah meninggal dunia bapak Sutopo, Minggu, 07 Juli 2019, sekitar pukul 02.00 waktu Guangzhlu/pukul 01.00 WIB. Mohon doanya untuk beliau,” cicit akun tersebut.

Sebelum meninggal dunia, Sutopo Purwo Nugroho pamitan kepada masyarakat untuk berobat ke Guangzhou, China. Diketahui Sutopo tengah mengidap kanker paru-paru stadium 4.

baca: Doa Netizen Melepas Kepergian Sutopo Humas BNPB

Melalui akun Instagram-nya, Ia mengatakan akan berobat selama sebulan sehingga tidak dapat menyampaikan informasi bencana alam seperti biasanya.

“Saya di Guangzho selama 1 bulan. Maaf jika tidak bisa menyampaikan info bencana dengan cepat. Mohon maaf ya,” tulis Sutopo, Sabtu 15 Juni 2019 lalu.

baca: Cerita Sutopo, Sakit Luar Biasa Hingga Morfin Tak Mempan

Sutopo melampirkan video yang diambil sebelum terbang ke Guangzhou. “Saat ini saya masih di bandara Internasional Soekarno-Hatta, dalam rangka menuju ke Guangzhou China untuk berobat dari penyakit kanker yang makin menggerogoti dan makin menyakitkan,” kata Sutopo kala itu. (republika)

Check Also

Banda Aceh Diselimuti Kabut Asap, Ini Imbauan Wali Kota

BANDA ACEH, Waspada.co.id – Sejak Senin (23/9/2019) pagi tadi, Kota Banda Aceh mulai terdampak paparan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.