Home / Warta / Politik / Survei The Initative Institute: Gatot Nurmantyo Gerus Nama Prabowo di Pilpres 2019
Gatot Nurmantyo (Foto: Sindo)

Survei The Initative Institute: Gatot Nurmantyo Gerus Nama Prabowo di Pilpres 2019

agregasi

 

JAKARTA – The Initative Institute telah melakukan survei Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden untuk Pilpres 2019. Survey dilakukan di kota-kota besar seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera dan Makassar.

Survei kali ini dengan melibatkan elite masyarakat seperti kelompok akademisi, jurnalis, NGO, Organisasi kemasyarakatan dan Kepemudaan, dan profesional.

Direktur Eksekutif The Initative Institute, Airlangga Pribadi mengatakan, pada survei kali ini, responden masih dominan untuk memilih Joko Widodo (Jokowi), kembali menjadi presiden dengan persentase 77,8 persen. Disusul Gatot Nurmantyo 63,0 persen, kemudian Mahfud MD 62,0 persen. Posisi keempat diisi Prabowo Subianto 61,5 persen dan Anies Baswedan berada di posisi kelima dengan presentase 58,7 persen.

“Pada survei kali ini, responden lebih banyak memilih mantan panglima TNI Gatot Nurmantyo 63,0 persen, dari pada Prabowo Subianto yang hanya 61,5 persen,” ujar Airlangga kepada wartawan di Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (15/7/2018)

Prabowo

Pada survei kali ini, lanjut dia, pihaknya melihat, bahwa sudah saatnya Prabowo mengalah untuk maju sebagai Capres. Sebab, dari kalangan militer, saat ini hanya Prabowo yang masih bertahan.

“Kita lihat, elit lama dari militer sudah saatnya istirahat tidak tampil pada pilpres 2019 nanti, karena Gatot Nurmantyo yang sudah mengimbangi Jokowi,” jelas Airlangga.

gatot

Airlangga menambahkan, selain Gatot Nurmantyo dari kalangan militer, ada juga nama Moeldoko namun hanya memperoleh polling 28,2 persen.

“Kemudian dari kalangan institusi kepolisian ada nama jenderal Tito Karnavian yang memperoleh 24,2 persen dan mantan Wakapolri Jenderal Budi Gunawan 10,1 persen,” pungkasnya.

Check Also

Pilpres 2019, Mantan Ketua MK: Jangan Saling Menjatuhkan, Itu Kebiasaan Tak Baik

  JAKARTA – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Jimly Asshiddiqie berbicara soal menjaga persatuan di ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: