Home / Warta / Politik / Survei Polcom: Jokowi Capres Pilihan Generasi Milenial
Presiden Jokowi bersama siswa SMA di Istana Bogor (Antara)
Presiden Jokowi bersama siswa SMA di Istana Bogor (Antara)

Survei Polcom: Jokowi Capres Pilihan Generasi Milenial

agregasi
agregasi

 

JAKARTA – Political Communication Institute (Polcom Institute) merilis hasil survei mengenai arah politik generasi milenial pada Pemilu 2019. Hasilnya, nama Joko Widodo (Jokowi) menempati posisi puncak sebagai calon presiden (capres) yang bakal dipilih generasi muda masa kini.

Direktur Polcom Institute, Heri Budianto mengatakan, Jokowi menduduki posisi teratas sebagai capres pilihan generasi milenial dalam pola top of mind yang disodorkan kepada responden.

“Kategori ini menjawab secara langsung (top of mind) ketika ditanya siapa capres yang dipilih jika Pilpres dilaksanakan hari ini. Jokowi menduduki peringkat teratas 44,83%, Prabowo Subianto 31,67%, Gatot Nurmantyo 8,42%, Anies Baswedan 3,08%, Zulkifli Hasan 2,92%, serta AHY 2,58%,” kata Heri dalam konferensi pers di Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (13/5/2018).

Diskusi hasil survei Polcom Institute (Fahreza/Okezone)

Sementara itu, ketika para responden ditanya sosok capres yang akan dipilih jika pilpres digelar pada 2019, maka responden memilih Jokowi 36,42%, Prabowo Subianto 27,17%, dan Gatot Nurmantyo 4,92%. Artinya, dalam pola pertanyaan langsung ataupun tidak langsung, nama Jokowi tetap menempati posisi teratas.

Survei Polcom Institute menggunakan metode purposive random sampling (pemilihan responden dengan pertimbangan tertentu yakni pemilih pemula dan pemilih muda usia 17-40 tahun). Selain itu, survei ini juga melibatkan 1.200 responden di 34 provinsi.

Survei dilakukan dengan wawancara langsung secara tatap muka kepada responden, pada 3-6 Mei 2018 dengan tingkat kepercayaan sebesar 95% dan margin of error sebesar 2,83%.

Check Also

Jokowi saat berada di Kuningan, Jawa Barat (Foto: Muchlis/Biro Setpres)

Jokowi: Hati-Hati Menggunakan Media Sosial, Jangan Sampai Menjerumuskan Kita

  KUNINGAN – Maraknya permasalahan yang bersumber dari media sosial khususnya di kalangan anak muda ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.