Home / Warta / Politik / Survei LSI: Imbauan Ustadz Abdul Somad Paling Didengar di Pilpres 2019

Survei LSI: Imbauan Ustadz Abdul Somad Paling Didengar di Pilpres 2019

JAKARTA – Ulama dan tokoh agama merupakan orang-orang yang paling kuat pengaruhnya terhadap pemilih di Pilpres 2019. Dalam rilis survei terbaru Lingkaran survei Indonesia (LSI) Denny JA menyatakan sebesar 51,7% pemilih sangat mendengarkan imbauan dari tokoh agama seperti ulama, pastor, dan biksu.

Sedangkan tokoh yang lainnya hanya berada di angka di bawah 20%. Para pemilih itu menyatakan mendengar imbauan politisi hanya 11%, dan terpengaruh dengan imbauan atau pendapat pengamat hanya 4,5%.

“Mereka yang menyatakan tokoh agama paling kuat pengaruhnya merata di semua segmen pemilih. Baik mereka yang berpendidikan tinggi maupun rendah, mereka yang berpendapatan tinggi maupun ‘wong cilik’, mereka yang merupakan pemilih milenial maupun pemilih lansia, semua segmen pemilih partai dan capres,” kata peneliti LSI Denny JA, Ikrama M di Kantor LSI Jakarta, Rabu (14/11/2018).

Ikram mengatakan, hasil survei LSI Denny JA menyatakan terdapat lima ulama paling berpengaruh dalam Pilpres 2019. Mereka adalah Ustadz Abdul Somad (UAS), Ustadz Arifin Ilham, Ustadz Yusuf Mansur, Ustadz Abdullah GymnasBar (AA Gym), dan Habib Rizieq Shihab.

“UAS adalah ulama yang dikenal oleh 59,3 persen pemilih. Mereka yang menyatakan suka terhadap Ustadz Somad sebesar 82,5 persen. Dan mereka yang menyatakan mendengar imbauan UAS 30,2 persen. UAS adalah ulama yang paling didengar suaranya dari kelima ulama tersebut,” ujar Ikrama.

Sementara Ustadz Arifin Ilham dikenal oleh 41,2% pemilih. Mereka yang menyatakan suka sebesar 84,4% dari mereka yang mengenal. Dan mereka yang menyatakan mendengar imbauan Ustadz Arifin Ilham sebesar 25,9%.

“Ustadz Yusuf Mansur adalah ulama yang dikenal oleh 57,2 persen pemilih. Sebesar 84,9 persen menyatakan menyukai Ustadz Yusuf Mansur. Sebesar 24,9 persen menyatakan mendengar imbauannya,” papar Ikrama.

Ia menambahkan bahwa Ustadz Aa Gym adalah ulama yang paling dikenal dibanding ulama yang lain. Ikrama menambahkan para pemilih yang mengenal Aa Gym sebesar 69,3%. Dari mereka yang mengenal, lanjut dia, sebesar 79,7% menyatakan suka dengan sosok Aa Gym dan mereka yang menyatakan mendengar imbauan Aa Gym sebesar 23,5%.

“Ulama kelima yang kuat pengaruhnya adalah Habib Rizieq Shihab. Ulama yang saat ini bermukim di Arab Saudi dikenal oleh 53,4 persen pemilih. Dari mereka yang mengenal, sebesar 52,9 persen menyatakan suka dengan sosok Habib Rizieq. Dan dari mereka yang mengenal sebesar 17 persen menyatakan bahwa mereka mendengar imbauan dari Habib Rizieq,” tandasnya.

LSI Denny JA melakukan survei nasional di 34 Provinsi pada tanggal 10-19 Oktober 2018. Survei ini menggunakan 1200 responden dengan margin of error sebesar +/- 2.8%. Sementara itu, wawancara dilakukan secara tatap muka menggunakan kuesioner terhadap responden yang terpilih melalui metode mulstage random sampling.

Selain metode kuantitatif, survei ini juga dilengkapi dengan riset kualitatif melalui metode FGD, analisis media, dan indepth interview. Survei ini dibiayai sendiri oleh LSI Denny JA.

Check Also

Bantah Masuk Rumah Sakit, Ma’ruf Amin: Kaki Saya Hanya Terkilir

JAKARTA – Calon wakil presiden nomor urut 01, Ma’ruf Amin membantah kabar yang menyebutkan dirinya ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: