Home / Warta / Politik / Survei: Anies Baswedan Posisi Teratas Cawapres Prabowo
foto: Antara

Survei: Anies Baswedan Posisi Teratas Cawapres Prabowo

JAKARTA, Waspada.co.id – Survei Pusat Penelitian Politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menempatkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di posisi teratas menjadi calon wakil presiden mendampingi Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.

Anies mendapatkan elektablitas sebesar 23,1 persen, diikuti mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo, dan Ketua Kogasma Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono.

“Posisi cawapres untuk Prabowo teratas diisi oleh Anies (23,1 persen), Gatot (20 persen), dan AHY (15,7 persen),” kata peneliti LIPI Wawan Ichwanudin saat rilis survei di kawasan Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (19/7).

Angka tersebut berasal dari jumlah pendukung Prabowo 559 orang. Prabowo masih menjadi penantang terkuat Joko Widodo dengan elektablitas 26,6 persen. Sementara, elektablitas Jokowi berada di angka 58,2 persen.

Nama Jokowi muncul dalam cawapres pilihan pendukung Prabowo. Meski angkanya rendah dengan elektablitas 2,5 persen.

Nama Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan yang dijagokan PKS menjadi cawapres Prabowo, memiliki elektablitas 2,9 persen. Posisi itu berada di bawah Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi 5,9 persen, dan Menko Polhukam Wiranto 3,8 persen. Serta ada pula nama Gubernur Jabar terpilih Ridwan Kamil dengan elektablitas 2,7 persen.

Sedangkan, nama politisi PKS selain Ahmad Heryawan yang disodorkan, tak ada dalam pilihan pendukung Prabowo. Begitu pula Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. Sedangkan angka irisan tokoh lainnya dalam survei ini sebesar 11,1 persen.

Survei dilaksanakan pada 19 April sampai 5 Mei 2018 dengan wawancara tatap muka. Survei memiliki responden 2100 orang yang diambil dengan metode multistage random sampling. Margin of error survei sebesar kurang lebih 2,14 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. (merdeka/ags/data1)

Check Also

Latih KPPS, KPU Medan Minta Dukungan Wali Kota

MEDAN, Waspada.co.id – Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, mendukung penuh kegiatan Pelatihan Kelompok Penyelenggara Pemungutan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: