Home / Warta / Politik / Survei Alvara: Elektabilitas Jokowi Masih Ungguli Prabowo
Jokowi dan Prabowo dalam sebuah pertemuan. (Foto: Okezone)

Survei Alvara: Elektabilitas Jokowi Masih Ungguli Prabowo

agregasi
agregasi

 

JAKARTA – Elektabilitas Joko Widodo (Jokowi) masih unggul dibanding calon presiden lain yang diprediksi bakal maju di Pilpres 2019. CEO Alvara Research Center Hasanuddin Ali mengatakan, saat ini popularitas dan elektabilitas Jokowi masih menduduki posisi teratas mengungguli Prabowo Subianto.

Angka popularitas Jokowi yakni 95,8 persen dengan top of mind 58,7 persen. Sedangkan, popularitas Prabowo Subianto berada di urutan kedua dengan pesentase 91,1 persen dan top of mind 29,5 persen.

Kata Hasanuddin, elektabilitas Jokowi saat ini berada diangka 46,8 persen dan Prabowo Subianto mendapat 27,2 persen.

“Jika dibandingkan dengan hasil survei kita yang pertama bulan Febuari lalu, elektabilitas Jokowi stabil di angka 46%, sedangkan penantang yang sangat serius masih tetap Prabowo,” papar Hasanuddin di Hotel Oria, Jl. KH Wahid Hasyim No. 85, Jakarta Pusat, Minggu (27/5/2018).

Namun begitu, Hasanuddin mengingatkan agar Jokowi perlu berhati-hati dalam mengantisipasi beberapa hal, meskipun hasil survei elektabilitas dan popularitas masih tinggi. Salah satunya adalah kepuasan terhadap kinerja Jokowi-JK yang menurun sekitar 3,5% dibading survei pada bulan Febuari 2018 lalu.

“Titik lemah Jokowi-JK masih pada aspek ekonomi, khususnya penyediaan lapangan kerja, isu-isu ekonomi dan ketenagakerjaan yang masih mendera. Kedua, meski tingkat keinginan publik terhadap Jokowi tinggi dengan 64,8% namun imbasnya menurun tingkat kepuasan berimplikasi pada turunnya keinginan pemilih terhadap Jokowi menjai presiden kembali dibandingkan dengan survei bulan Febuari,” jelas dia.

Jokowi. Foto: Antara

Adapun, untuk melihat peta politik menuju pilpres 2019, Alvara Research center melakukan survei nasional pada 20 April-9 Mei 2018. Riset dalam survei ini menggunakan multi-stage random sampling dengan melibatkan 1.202 responden berusia 17 tahun ke atas.

Selanjutnya, sampel diambil di seluruh provinsi di Indonesia, dengan jumlah sampel tiap provinsi terhadap jumlah penduduk. Rentan margin of error sebesar 3,10% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Sebelumnya Alvara juga melakukan survei nasional dengan 2.200 responden di bulan Febuari 2018.

Check Also

PAN Ingin Buktikan Amien Rais Tak Hanya Bisa Mengkritik

JAKARTA, Waspada.co.id – Wakil Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) Saleh Partaonan Daulay membantah tuduhan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: