Home / Warta / Mancanegara / Surat Ancaman Pejabat Senior Korut Bikin Trump “Ketar-ketir”?
Donald Trump (foto: AP)

Surat Ancaman Pejabat Senior Korut Bikin Trump “Ketar-ketir”?

WASHINGTON, Waspada.co.id – Setelah sebelumnya diberitakan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump membatalkan kunjungan Menteri Luar Negeri Mike Pompeo ke Korea Utara karna kurangnya kemajuan denuklirisasi dan tidak yakin China membantu upaya untuk mengekang Korea Utara, Kini diberitakan sepucuk surat bernada ‘keras’ dari pejabat senior negara Korut yang menggagalkan kepergian Pompeo.

Pembatalan ini dilakukan hanya beberapa jam setelah perjalanan diumumkan pekan lalu.

Dilansir dari Reuters, Selasa (28/8), dua pejabat senior AS mengungkapkan, surat dari wakil ketua Komite Pusat Partai Buruh Kim Yong-chol tiba pada Jumat lalu. Meski tidak menyebutkan dengan jelas isinya, namun surat tersebut cukup membuat Trump dan Pompeo ketar-ketir hingga memutuskan untuk membatalkan perjalanan.

baca: Trump Perintahkan Pompeo Tunda Lawatan Korea Utara

Kunjungan ini semula dijadwalkan untuk agenda memperkenalkan utusan khusus AS yang baru, Stephen Biegun, kepada rekan mereka di Korut.

Dengan batalkan kunjungan Pompeo, maka untuk pertama kalinya secara terbuka Trump mengakui bahwa upayanya untuk membuat Korut melakukan denuklirisasi gagal. Sebab sejak digelar KTT di Singapura pada 12 Juni lalu dengan Kim Jong-un, tidak perubahan berarti dilakukan Korut.

Media Korut sempat menuding bahwa AS melakukan perdagangan ganda dan mencoba untuk merencanakan hal jahat kepada negara tersebut. Sementara pejabat intelijen dan pertahanan AS telah berulang kali menyatakan keraguan mereka tentang kesedian Korut melakukan denuklirisasi. (wol/mer/data2)

Check Also

Sekjen PBB Apresiasi Pertemuan Dua Korea

NEW YORK,Waspada.co.id – Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-bangsa Antonio Guterres menyatakan menyambut baik hasil pertemuan puncak ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: