Breaking News
Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / Sumut Teken MoU Pajak Masuk Kurikulum Pendidikan
WOL Photo
WOL Photo

Sumut Teken MoU Pajak Masuk Kurikulum Pendidikan

MEDAN, WOL – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Sumut I dan II, tentang inklusi kesadaran pajak dalam kurikulum pendidikan.

Penandatanganan dilakukan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi bersama Kepala Kanwil DJP Wilayah Sumut I, Mukhtar dan Kepala Kanwil DJP Wilayah Sumut II, Tri Bowo, di kantor Kanwil DJP Sumut I di Medan, Selasa (10/10).

Selain itu, turut ditandatangani kesepakatan tentang penghimpunan data dan informasi perpajakan serta penerapan informasi status wajib pajak antara Pemprov Sumut dengan Kantor DJP Sumut I dan II.

Tengku Erry dalam kesempatan itu menyebutkan, peran serta masyarakat dalam membayar pajak menjadi pondasi utama dalam pembangunan. Hal ini bisa dilihat dari 75 persen APBN berasal dari komponen pajak. Namun, kesadaran dan kepatuhan masyarakat untuk membayar pajak masih tergolong rendah. Oleh karena itulah perlu ditingkatkan dengan memberikan pendidikan pajak kepada masyarakat.

“Seperti kita ketahui 75 persen APBN itu berasal dari pajak. Sehingga untuk memenuhi kebutuhan penerimaan pajak yang semakin meningkat, maka diperlukan kesadaran dan kepatuhan masyarakat untuk membayar pajak,” sebut Erry.

Lebih lanjut dikatakan Erry, kenyataannya tingkat kepatuhan wajib pajak masih rendah. Dari 20 orang wajib pajak, hanya 1 orang yang membayar pajak atau hanya 5 persen. Sementara target penerimaan pajak lebih dari Rp1.300 triliun, sehingga negara membutuhkan lebih banyak wajib pajak yang taat membayar kewajibannya.

Untuk itulah kata Erry, kesadaran membayar pajak harus ditanamkan sejak dini, sehingga nilai-nilai kesadaran pajak harus diintegrasikan ke dalam sistem pendidikan nasional agar dapat diajarkan secara terstruktur, sistematis dan berkesinambungan melalui kurikulum pembelajaran, perbukuan dan kesiswaan.

Check Also

WOL Photo

Pertumbuhan Ekonomi Sumut Lebih Baik dari Nasional

MEDAN, WOL – Pertumbuhan perekonomian Sumut menjelang akhir tahun 2017 tercatat membaik. Setidaknya, berdasarkan data ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.