Home / Fokus Redaksi / Sumut Disebut Mendagri Saat Bahas Maraknya Pejabat Daerah Korupsi
foto: okezone

Sumut Disebut Mendagri Saat Bahas Maraknya Pejabat Daerah Korupsi

JAKARTA, Waspada.co.id – Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo, menyambangi markas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Selasa (4/9). Kedatangannya tersebut untuk membahas maraknya pejabat daerah yang terjerat kasus korupsi.

“Yang pertama, saya mau konsultasi dengan pimpinan KPK terkait banyaknya anggota DPRD Malang, kemudian ada Sumatera Utara (tersangkut kasus korupsi),” kata Tjahjo di pelataran Gedung Merah Putih KPK, Jakarta.

Menurut Tjahjo, banyaknya pejabat di suatu daerah yang tersangkut kasus korupsi berpengaruh pada roda pemerintahan di wilayah itu sendiri. ‎Karenanya, Tjahjo akan mengeluarkan keputusan untuk pemerintah daerah yang pejabatnya banyak ditahan KPK.

“Yang mana supaya pemerintahan jalan, saya mengeluarkan diskresi (keputusan, red) saja agar setiap keputusan politik pembangunan yang dilakukan oleh Pemda itu bisa berjalan,” katanya.

Politikus PDI Perjuangan itu sempat menyinggung kasus suap pembahasan APBD-P Malang yang sudah menjerat 41 dari 45 anggota DPRD Malang. Kata Tjahjo, roda pemerintahan daerah tidak akan berjalan jika anggota DPRD-nya hanya terisa empat orang.

“Karena yang namanya Pemda adalah seorang Gubernur, Bupati, Wali Kota termasuk DPRD. Kasus Malang kan kasus yang unik, tinggal 4 orang (anggota DPRD). Yang kedua juga belum ada PAW, makanya segera akan dikeluarkan diskresinya dan akan kami konsultasikan dengan KPK,” pungkas Mendagri.

Terkait dengan diskresi tersebut, Tjahjo sudah menyiapkan tiga opsi. Pertama, menyerahkan kepada gubernur untuk terlibat dalam pengambilan keputusan, memfasilitasi; Yang kedua, izin Mendagri serta ketiga bisa dilakukan peraturan wali kota/gubernur atau peraturan bupati setelah ada persetujuan dari Kemendagri. (wol/aa/cnn/ant/data1)

Editor AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Kena OTT KPK, Harta Kekayaan Bupati Pakpak Bharat Capai Rp54 Miliar

JAKARTA – Tim penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi menangkap tangan Bupati Pakpak Bharat, Remigo ‎Yolanda Berutu, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: