_
Home / Warta / Mancanegara / Suka Ajukan Pertanyaan Sensitif, Empat Jurnalis Mendadak Dilarang Liput Makan Malam Trump-Kim
(bbc)

Suka Ajukan Pertanyaan Sensitif, Empat Jurnalis Mendadak Dilarang Liput Makan Malam Trump-Kim

HANOI, Waspada.co.id – Gedung Putih secara tiba-tiba melarang empat wartawan meliput makan malam Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un.

Menurut Sekretaris Pers Gedung Putih, Sarah Sanders pengecualian kepada para pewarta itu diberlakukan setelah mereka mengajukan pertanyaan sensitif dalam pertemuan sebelumnya.

“Ini menyangkut sensitivitas pertanyaan-pertanyaan yang diteriakkan dalam pertemuan sebelumnya,” kata Sanders, Rabu.

Di antara pertanyaan yang ditujukan kepada Trump adalah tentang kesaksian mantan pengacaranya, Michael Cohen, di Kongres. Langkah Gedung Putih membatasi akses pers dianggap sebagai tindakan pembalasan yang luar biasa oleh pemerintah AS.

Secara historis, pemerintah AS dianggap telah menegakkan hak-hak jurnalis, tetapi ketika presiden tengah melakukan perjalanan ke luar negeri, hal itu dibatasi. Terutama saat ini, selama pertemuan Trump dengan Kim, pemimpin negara yang tidak memiliki pers bebas.

Pertemuan Trump dan Kim sejatinya diliput kelompok pers Gedung Putih berjumlah 13 orang. Akan tetapi, menjelang makan malam, Sanders hanya mengizinkan para fotografer dan kru televisi.

Setelah desakan keras, termasuk dari jurnalis foto yang memprotes, Sanders mengizinkan seorang reporter untuk meliput makan malam. Ia adalah Vivian Salama dari Wall Street Journal, media cetak yang tidak mengajukan pertanyaan saat makan malam. Selain itu, dua anggota kontingen media Korea Utara, seorang fotografer dan juru kamera tampak sedang meliput makan malam itu.Suka Ajukan Pertanyaan Sensitif, Empat Jurnalis Mendadak Dilarang Liput Makan Malam Trump-Kimki akses sebanyak mungkin,” jelas dia.

Sanders tidak merinci mengenai alasan pembatasan dilakukan Gedung Putih, entah karena permintaan Trump, Kim, atau delegasi Korea Utara. Saat diminta The Washington Post untuk mengklarifikasi, Sanders merujuk pada pernyataan tertulisnya.

“Saya tidak akan mengatakan itu,” katanya, menurut dua orang yang hadir untuk pertemuan. (okz)

Check Also

Trump Larang Imigran Masuk AS Tanpa Asuransi Kesehatan

WASHINGTON, Waspada.co.id – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump melarang imigran yang masuk ke wilayah ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.