Breaking News
Home / Fokus Redaksi / Subhanallah! Wanita Muslim Ini Lawan Kuat Putin di Pilpres Rusia 2018
Foto: Wikipedia Commons
Foto: Wikipedia Commons

Subhanallah! Wanita Muslim Ini Lawan Kuat Putin di Pilpres Rusia 2018

WOL – Aina Gamzatova. Usianya 46 tahun asal Dagestan. Dia bakal menjadi pesaing bagi Presiden Rusia Vladimir Putin pada pemilu Maret 2018 nanti.

Saat ini Aina menjadi seorang pemimpin di media Islam.ru. Media Muslim terbesar di Rusia. Media tersebut mencakup televisi, radio dan media cetak yang berisi tentang ajaran Islam dan amalannya.

Aina pernah memiliki suami seorang pemimpin muslim, Said Muhammad Abubakarov. Namun dia meninggal saat seorang tak dikenal meledakkan mobilnya pada tahun 1998. Hingga kini belum diketahui pelakunya. Aina menyebut suaminya seorang pejuang.

Suami keduanya bernama Akhmad Abdulaev. Dia seorang Sipil Dagestan yang ditempatkan di provinsi yang sedang berada dalam masalah di Rusia.

Akhmad menjadi anggota di ordo sufi yang memiliki puluhan ribu pengikut. Pemimpinnya, Said-Afandi Chirkavi, dibunuh oleh wanita pelaku bom bunuh diri di Kaukasus pada tahun 2012.

Pencalonan Aina sebagai calon presiden Rusia menjadi topik hangat di kalangan komunitas Muslim Rusia. Masyarakat mengomentari langkahnya. Ada yang mendukung dan ada yang menentangnya. Demikian dilansir dari Al Jazeera, Selasa (2/1).

“Dia cukup berani untuk menggunakan hak hukumnya yang diberikan kepada setiap warga negara Rusia, mencalonkan diri sebagai presiden. Dia cukup berani untuk menjalankan sebuah kampanye pemilihan yang layak,” kata Aisha Anastasiya Korchagina, seorang Psikolog.

“Bagaimana dengan ajaran moral bahwa seorang wanita bahkan tidak bisa meninggalkan rumahnya tanpa suaminya? Atau dia bisa (maju menjadi presiden), dan undang-undang itu untuk kita, yang hanya manusia biasa?” kata Patimat Ibragimova, seorang ibu Muslim dari Makhachkala Dagestan.

Banyak masyarakat yang menilai kampanye Aina sebagai cara untuk mengingkatkan citra wanita Muslim di Rusia, sekaligus mencari cara untuk kebutuhan masyarakat Dagestan yang miskin, padat penduduk dan etnis yang beragam. (merdeka/aljazeera/Islam/ags)

Check Also

Putin berharap Donald Trump dapat membawa perubahan pada hubungan Rusia-Amerika Serikat (Foto: Russia Today)

Putin Harap Trump Dapat Perbaiki Hubungan AS-Rusia

  MOSKOW – Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan, ia berharap Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.