_
Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Staf Anggota DPR hingga Guru Madrasah Diperiksa KPK Terkait Sofyan Basir
Dirut PLN, Sofyan Basir (foto: Okezone)

Staf Anggota DPR hingga Guru Madrasah Diperiksa KPK Terkait Sofyan Basir

JAKARTA – Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil sembilan orang saksi terkait kasus dugaan suap kesepakatan kontrak kerjasama proyek pembangunan PLTU Riau-1 untuk penyidikan Dirut non-aktif PLN, Sofyan Basir, pada hari ini.

Sembilan saksi tersebut yakni, Staf Anggota DPR, Poppy Laras Sita; karyawan swasta, Audrey Ratna Justianty alias Tine; Guru di MTs Ma’arif Botoputih, Nur Faizah Ernawati; Direktur PT Nugas Trans Energy, Indra Purmandani; dua orang Sopir, Budi Saputera dan Edy Rizal Luthan; Staff Admin LPM RI, Tiara Adinda; Direktur HCM, Muhammad Ali, serta Ika Angelica.

“Mereka diperiksa dalam kapasitasnya sebagai saksi untuk tersangka SFB (Sofyan Basir),” kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (3/5/2019).

Sejauh ini, KPK baru menetapkan empat orang sebagai tersangka terkait kasus dugaan suap kesepakatan kontrak kerjasama PLTU Riau-1. Keempatnya yakni, Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Eni Maulani Saragih, Pemegang saham Blackgold Natural Resources Limited, Johanes Budisutrisno Kotjo, Sekjen Golkar, Idrus Marham, dan Dirut PT PLN, Sofyan Basir.

Eni, Kotjo, dan Idrus telah divonis ‎bersalah dalam perkara tersebut. Eni dan Kotjo telah dieksekusi karena putusannya telah berkekuatan hukum tetap. Sementara Idrus, masih dalam proses upaya hukum banding. Sedangkan Sofyan Basir belum dilakukan penahanan pasca-ditetapkan sebagai tersangka. Saat ini, tinggal Sofyan Basir yang masih dalam proses penyidikan.

Dalam perkara ini, Eni Saragih, Idrus Marham, dan Sofyan Basir diduga bersama-sama telah menerima suap dari Johanes Kotjo untuk mendapatkan proyek PLTU Riau-1.

Check Also

Pemprovsu Segera Implementasikan Pendidikan Anti-Korupsi

MEDAN, Waspada.co.id – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) segera mengimplementasikan pendidikan anti-korupsi di sekolah-sekolah di ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: