Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / Sri Mulyani Ungkap Pentingnya Peningkatan Kualitas SDM
Foto: Giri Hartomo

Sri Mulyani Ungkap Pentingnya Peningkatan Kualitas SDM

JAKARTA – Menteri Keuangan Sri Mulyani mengingatkan betapa pentingnya peningkatan sumber daya manusia (SDM) bagi perekonomian Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Sri Mulyani dalam acara Habibie Award 2018 di Hotel Le Meridien, Jakarta, Selasa (13/11/2018).

Menurut Sri Mulyani, untuk meningkatkan SDM dibutuhkan peran semua pihak bukan hanya pemerintah semata. Dibutuhkan peran semua pihak untuk mewujudkan hal tersebut dari mulai akademisi, swasta hingga institute-instutute lainya seperti Habibie Center ini.

Dengan adanya peningkatan SDM maka produktivitas akan meningkat. Jika produktivitas meningkat tentunya akan mendongkrak kinerja perusahaan dan juga perekonomian negara.

Sebagai salah satu contohnya adalah di sektor industri. Jika kualitas SDM di sektor industri meningkat maka produktivitas dari perusahaan itu juga meningkat.

Meningkatnya produktivitas industri membuat kinerja juga melonjak karena penjualan yang bisa terus meningkat. Jika kinerja industri meningkat, maka pemerintah juga akan terkena manfaatnya karena pendapatan negara yang berasal dari pajak juga meningkat.

“Investasi di human capital bukan hanya tanggung jawab pemerintah. Tapi ini suatu effort harus kolaborasi dari semua stakeholder. Di pemerintah sendiri kementerian mestinya ikut untuk meningkatkan kualitas SDM,” ujarnya.

Oleh karena itu, dirinya berharap agar komunikasi dan kerjasama antara pemerintah dan pihak swasta bisa ditingkatkan, sehingga, peningkatan kualitas SDM untuk perekonomian Indonesia bisa terwujud.

“Saya berharap antara pemerintahan dengan institut dengan dunia akademik maupun swasta akan terus ditingkatkan, sehingga konsen kita bersama untuk meningkatkan SDM bisa terwujud,” jelasnya.

Khusus untuk Habibie Center, Sri Mulyani mengaku sangat mengapresiasi pada institusi ini. Karena, adanya lembaga ini banyak membantu meningkatkan kualitas SDM Indonesia khususnya generasi muda di bidang teknologi.

*Semoga Habibie Center bisa memberikan inspirasi khususnya bagi generasi muda,” kata Sri Mulyani.

Check Also

Luhut dan Sri Mulyani Penuhi Panggilan Bawaslu ‘Diam-diam’

JAKARTA, Waspada.co.id – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Padjaitan dan Menteri Keuangan Sri Mulyani ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: