Home / Warta / Mancanegara / Spekulasi Isu Presiden Duterte Sakit Kanker Terjawab
Presiden Filiphina, Rodrigo Duterte (AFP Photo/Noel Celis)

Spekulasi Isu Presiden Duterte Sakit Kanker Terjawab

MANILA, Waspada.co.id – Presiden Filiphina Rodrigo Duterte sempat diliputi kekhawatiran menantikan hasil tes kesehatan terbarunya. Pada Selasa (9/10), Kementerian Dalam Negeri Filiphina mengumumkan Presiden Rodrigo Duterte tidak menderita kanker. Hal itu disampaikan usai pemimpin negara itu menjalani rangkaian tes di rumah sakit swasta.

Sebelumnya, publik Filiphina dihebohkan dan meminta konfirmasi pemerintah menyoal kesehatan Presiden yang berusia 73 tahun itu. Pasalnya, Duterte telah melewatkan dua acara resmi kenegaraan pekan lalu.

Menteri Dalam Negeri Filiphina Eduardo Ano akhirnya mengonfirmasi bahwa Duterte dalam keadan baik. “Beliau mengungkapkan kepada kami bahwa hasil tes kanker negatif, ada salah satu mereka ambil sampel dari ususnya,” ujar Ano seperti dikutip laman Reuters, Selasa.

Ano mengatakan, Duterte menjelaskan kondisinya selama pertemuan kabinet pada Senin malam. Pertemuan tersebut semestinya terjadi pada Rabu pekan lalu. Namun presiden melakukan kunjungan mendadak ke rumah sakit setelah dokter memintanya untuk mengulang memeriksa kesehatannya.

Di bawah konstitusi Filiphina menyebutkan, publik harus menyadari kondisi kesehatan presidennya. Apabila pemimpin negara wafat saat bertugas, cacat permanen, atau diturunkan melalu pemakzulan, maka wakil presiden yang memegang kendali negara selama tahun yang tersisa.

Sebelumya, Duterte mengatakan, sudah menjalani edoskopi dan kolonskopi tiga pekan yang lalu. Namun, usai diketahui tidak hadir dalam acara resmi pekan lalu, Duterte menjalani tes serupa pada pekan lalu. “Saya tidak tahu bagaimana kondisi saya sekarang, saya pun menantinya. Tapi saya akan bilang jika itu kanker, maka memang itu kanker,” ujar Duterte.

Presiden Duterte kerap menyatakan mengalami migrain setiap harinya, termasuk penyakit Buerger. Penyakit dengan nama lain tromboangitis obliterans merupakan penyakit yang memengaruhi pembuluh darah dan arteri anggota badan. Biasanya disebabkan kebiasaan merokok.

Pada 2016, dia mengaku biasa mengonsumsi obat penghilang rasa sakit, fenantil, sebab menderita cedera tulang belakang akibat kecelakaan sepeda motor. (republika)

Check Also

Ini Sosok Barham Salih Presiden Irak yang Baru Dilantik

BAGHDAD, Waspada.co.id – Politikus veteran Kurdi, Barham Salih, secara resmi dilantik sebagai presiden Irak pada ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: